Mengenal Weight Training dan Manfaatnya, Kunci Pola Hidup Sehat!

Michael Julius Figun
Kamis 13 Januari 2022 18:21 WIB
Mengenal Weight Training dan Manfaatnya, Kunci Pola Hidup Sehat!
Weight training merupakan salah satu olahraga untuk meningkatkan stamina dan kebugaran. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Weight training tengah menjadi pembicaraan hangat netizen, setelah Shin Tae Yong mengungkapkan kelemahan dari Timnas Indonesia. Dunia olahraga seperti sepak bola tentu memerlukan weight training sebagai pondasi tubuh untuk bertahan dari kontak antarpemain.

Berikut celebrities.id telah merangkum pengenalan istilah weight training dan manfaatnya yang dapat menjadi kunci pola hidup sehat.

Apa itu Weight Training?

Dilansir dari berbagai sumber, weight training merupakan salah satu olahraga untuk meningkatkan stamina dan kebugaran. Weight training sangat erat hubungannya dengan latihan beban yang dimana aktivitas olahraga nyaris keseluruhan dilakukan dengan berbagai alat berat.

Fungsi utama dari weight training adalah ketahanan tubuh. Tubuh akan diberikan beban yang berlebih dari biasanya dan dilakukan secara berulang. Otot menjadi bagian dari tubuh yang akan bekerja keras dalam proses weight training.ย 

Alat beban yang umum digunakan adalah dumbel dan barbel. Penggunaan barbel atau alat berat tentu harus dilakukan secara bertahap. Saat menjadi pemula sangat direkomendasikan untuk memulai dengan beban terkecil seperti 1 kilogram. Hal ini bertujuan untuk melemaskan otot menerima beban dan tidak kaget atau bahkan cedera saat menerima beban yang terlalu berat.

Weight training merupakan jenis olahraga yang sederhana dan tidak memerlukan keperluan khusus. Kalian hanya membutuhkan alat atau benda yang memiliki beban cukup berat.ย 

ย 

1
/
2