Mengenal Yu Sheng Makanan Khas Imlek yang Penuh Makna dan Filosofi

Icon CameraHasyim Ashari
Sabtu 21 Januari 2023 18:14 WIB
 Mengenal Yu Sheng Makanan Khas Imlek yang Penuh Makna dan Filosofi
Mengenal Yu Sheng Makanan Khas Imlek. (Foto:celebrities.id/ MPI Kiki Oktaliani)

JAKARTA, celebrities.id - Mengenal Yu Sheng makanan khas Imlek tentunya akan sangat menarik untuk diketahui. Terlebih, tak lama lagi masyarakat keturunan Tionghoa akan menyambutnya Perayaan Imlek.

Selama ini, perayaan Imlek identik dengan kue keranjang sebagai camilan khas. Tapi ternyata, ada makanan yang juga tersaji pada saat Imlek yaitu Yu Sheng.

Mengenal Yu Sheng Makanan Khas Imlek

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (21/1/2023) Yu Sheng sendiri merupakan makanan dari China berupa salad yang berisi potongan ikan segar ditambah irisan halus sayuran seperti wortel dan lobak. Daging ikan yang dipakai adalah irisan ikan tuna atau ikan salem yang sebelumnya bisa sudah direndam dalam campuran minyak wijen, minyak goreng, dan merica.

Sementara, untuk sausnya dibuat dari campuran minyak goreng dan minyak wijen dengan tambahan saus buah prem, gula pasir, dan bubuk kayu manis. Rupanya, kuliner Yu Sheng ini memiliki sejarah panjang dan penuh filosofi. Dilansir dari Wikipedia, Pada masa penjajahan Inggris, nelayan pesisir Guangzhou merayakan Renri (hari ke-7 Tahun Baru Imlek) dengan hidangan yang terdiri dari irisan ikan, lobak, dan wortel yang diberi saus.

Makanan ini dilengkapi saus yang dibuat dari campuran minyak, cuka, dan gula. Dalam pengertian aksara Tionghoa, yusheng bisa diartikan sebagai peningkatan dan kelimpahan, baik harta maupun keberuntungan. Bisa disimpulkan bahwa menyantap Yu Sheng sama dengan mengharapkan kelimpahan dan kemakmuran bagi penikmatnya.

Bukan hanya itu, Yusheng juga bisa menjadi simbol kebersamaan dan kekerabatan karena satu piring yusheng biasanya memiliki porsi besar dan bisa dinikmati beramai-ramai. Yusheng umumnya dimakan bersama keluarga di rumah saat keluarga berkumpul.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News