Mengenang Rima Melati, Nama Panggung yang Diberikan Presiden Soekarno

MNC Portal
Kamis 23 Juni 2022 16:28 WIB
Mengenang Rima Melati, Nama Panggung yang Diberikan Presiden Soekarno
Artis senior Rima Melati meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Kamis (23/6/2022) pukul 15.25 WIB. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA, celebrities.id – Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Artis senior Rima Melati meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Kamis (23/6/2022) pukul 15.25 WIB. 

Diketahui, Rima Melati merupakan nama panggung yang diberikan Presiden Soekarno kepada Marjolien Tambajong, artis kelahiran 22 Agustus 1939. 

Dilansir Wikipedia, Kamis (23/6/2022), nama Rima Melati sebenarnya merupakan pemberian Soekarno. Sekira awal 1960-an Bung Karno mengganti nama orang yang dikenalnya, yang dirasa kebarat-baratan. 

Nama asli Rima memang terdengat kebarat-baratan, Marjolien Tambajong atau dipanggil Lientje. Itu sebab namanya diganti. 

Selain itu, nama Rima sebenarnya akan diberikan Lientje kepada anak yang sedang dikandungnya. Pada saat itu Marjolien yang sedang mengandung anak kedua, ingin memberi nama Rima kepada si anak jika perempuan. Dia diilhami tokoh Rima the Bad Girl dalam film Green Mansions (1959) yang diperani Audrey Hepburn. 

Sayang, janin itu meninggal sebelum dilahirkan. Lientje yang terpukul, menceritakan peristiwa itu kepada Bung Karno, sekaligus mengutarakan keinginannya untuk mengambil alih nama Rima, dikombinasi dengan "Melati".

Marjolien Tambajong sendiri merupakan aktris, model dan penyanyi berkebangsaan Indonesia keturunan Belanda dan Minahasa.

Editor : Andre Purwanto