Mengenang Transportasi Umum di Jakarta, Hanya Bajaj yang Masih Eksis

Intan Rakhmayanti Dewi
Selasa 22 Juni 2021 18:02 WIB
Mengenang Transportasi Umum di Jakarta, Hanya Bajaj yang Masih Eksis
Transportasi umum bajaj masih eksis di tengah era digital. (Foto: MNC)

JAKARTA, celebrities.id - Kota Jakarta genap berusia 494 tahun. Banyak yang berubah dari kota ini, salah satunya transportasi umum.

Dulu Jakarta punya bus tingkat, oplet, hingga trem. Kini semua angkutan umum itu sudah tergeser oleh moda transportasi umum yang lebih nyaman dan canggih, seperti Bus Transjakarta, MRT, hingga ojek online.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini deretan transportasi yang pernah wara-wiri di Jakarta, Selasa (22/6/2021).

1. Trem
Jakarta ternyata pernah memiliki trem, layaknya yang ada negara-negara Eropa.

Kala itu, Belanda mulai memperkenalkan trem, transportasi umum yang lebih maju daripada delman yang mirip kereta listrik dan melintas di jalan umum.

10 April 1899, merupakan tahun kelahiran trem generasi terbaru untuk menggantikan trem kuda dan trem uap di Jakarta. Sebagai sarana angkutan terbaru, trem listrik langsung menjadi primadona warga Batavia (Jakarta sekarang).

Trem listrik mengoperasikan lima jalur, seperti Menteng – Kramat – Jakarta Kota. Senen – Gunung Sahari. Menteng – Merdeka Timur – Harmoni. Menteng – Tanah Abang – Harmoni. Waktu itu, sekali naik, tarifnya 10 sen.

Namun setelah melayani warga Jakarta selama 27 tahun, tahun 1960 ketika Sudiro menjadi walikota, trem listrik pun resmi dihapus dan menghilang dari jalanan Jakarta.

2. Oplet
Pada 1970-an, juga ada sejumlah angkutan umum massal berupa oplet. Rupanya bisa disimak di sinetron ‘Si Doel Anak Sekolahan’ yang sempat tayang di salah satu stasiun TV swasta Tanah Air.

Namun keberadaan oplet tak bertahan lama, sekitar tahun 1979-an angkutan umum tersebut diganti dengan Mikrolet dan Metro Mini.

ย 

1
/
3