Mengintip Geopark Merangin, Diajukan ke UNESCO Jadi Global Geopark

Nanang Fahrurozi
Jumat 23 September 2022 15:46 WIB
Mengintip Geopark Merangin, Diajukan ke UNESCO Jadi Global Geopark
Kondisi terkini Geopark Merangin. (Foto: Nanang/MNC)

MERANGIN, celebrities.id - Destinasi Geopark Merangin di Desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Pemberap, Kabupaten Merangin, Jambi diajukan ke UNESCO global geopark. Namun, saat ini kondisinya cukup memprihatinkan. 

Ironisnya, sarana promosi wisata yang menelan anggaran sekitar Rp9 miliar itu saat ini banyak mengalami kerusakan, di antaranya terlihat fasilitas untuk pengunjung ditumbuhi semak belukar.

"Potensinya bagus, sayang sekali fasilitas belum mendukung, seperti infrastruktur dan lainnya. Kemudian sinyal juga tidak mendukung, padahal ini sangat penting," ucap Telly pengunjung dari Jakarta ini.

Hal yang sama diungkapkan Warga Merangin, Erwin, dia mengaku kecewa dengan kondisi destinasi wisata yang menjadi kebanggaan di wilayahnya tersebut.

“Yang saya tau, ini pengelolaan oleh pemerintah daerah, baik kabupaten, maupun provinsi. Pemerintah yang punya anggaran lebih besar dari desa. Tapi ternyata kalah dengan pengelolaan di desa, seperti di kabupaten lain, dan Setahu saya, Taman Siti Rahma di Geopark Merangin ini menelan anggaran hingga Rp9 miliar kok hancur begitu?” kata Erwin.

Kepala Desa Air Batu, Sayudin mengakui bahwa faktor komunikasi menjadi salah satu terhambatnya informasi wisata Geopark Merangin.

“Desa Air Batu sangatlah terhambat komunikasi. Apa lagi saat ini, di desa ini sudah menjadi tempat wisata Geopark, ada arum jeramnya dan ada juga fosil-fosilnya,” ucapnya.

Karena keinginan berkomunikasi, warga harus mendaki tempat yang dianggap paling tinggi guna mencari sinyal handphone.

“Kami sangat berharap kepada Pemerintah Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi agar bisa membantu memfasilitasi pembangunan Desa Air Batu,” tuturnya.

 

1
/
2