Mengintip Kampung Bule di Aceh, Warganya Punya Mata Biru hingga Berperawakan Tinggi 

Icon CameraWiwie Heriyani
Jumat 18 November 2022 16:42 WIB
Mengintip Kampung Bule di Aceh, Warganya Punya Mata Biru hingga Berperawakan Tinggi 
Kampung Bule di Aceh. (Foto: YouTube Gridkids)

ACEH, celebrities.id - Beragam kampung tersedia di Indonesia, mulai kampung Inggris di Kediri lalu ada pula kampung Belanda di Garut. Ternyata, di Aceh pun juga terdapat kampung Bule. Kampung itu berada di Desa Lamno, Aceh.

Aceh merupakan salah satu daerah Indonesia memiliki pesona tersendiri. Selain keindahan alam dan keragaman budayanya, wilayah ujung barat Indonesia ini juga ternyata memiliki sebuah desa yang unik, yakni Kampung Bule yang terletak di Desa Lamno.

Desa ini dijuluki Kampung Bule, pasalnya mayoritas penduduk di Desa Lamno yang berada di di pesisir Barat Aceh dan berjarak 86 kilometer dari kota Banda Aceh ini memiliki mata biru yang menarik dengan kulit putih dan berperawakan tinggi.  

Dilansir dari beragam sumber, Jumat (18/11/2022) meski begitu, warga di Desa Lamno merupakan Warga Negara Indonesia meskipun memiliki penampilan layaknya orang Eropa. Penduduk bermata biru ini memiliki mata pencaharian mayoritas sebagai petani dan menetap di beberapa desa yang berada di Kecamatan Jaya dan Kecamatan Baru, Kabupaten Aceh Jaya, dan terbanyak berada di desa Lamno yang berada di pesisir barat Aceh.

Menurut catatan sejarah, asal usul keberadaan masyarakat berparas bule tersebut terjadi saat bangsa Eropa menjajah Aceh terutama di pantai barat Aceh, tepatnya Lamno. 

Seperti bangsa Eropa penjajah lainnya (Belanda dan Inggris), Portugis juga memainkan taktiknya dengan mencoba merebut hati orang Aceh. Pembauran kedua etnis ini pun terjadi. 

Orang Aceh ada yang dinikahi oleh orang Portugis, lalu mempunyai keturunan. Setelah Portugis berhasil dika­lahkan Aceh hingga kembali ke asalnya, yakni Eropa, ketu­runan Portugis itu ada yang tertinggal di Aceh. 

 

1
/
2