Menikmati Sunset di Watu Paris Gunungkidul, Spot Wisata Baru dengan Filosofi Semar

Icon CameraErfanto Linangkung
Senin 08 Agustus 2022 18:29 WIB
Menikmati Sunset di Watu Paris Gunungkidul, Spot Wisata Baru dengan Filosofi Semar
Menikmati Sunset di Watu Paris Gunungkidul, Spot Wisata Baru dengan Filosofi Semar. (Foto:celebrities.id/MPI Erfan Erlin)

GUNUNGKIDUL, celebrities.id - Industri pariwisata di Gunungkidul terus menggeliat seiring peningkatan jumlah wisatawan di wilayah ini. Destinasi demi destinasi, baik yang alami ataupun buatan terus bermunculan menambah daya tarik Gunungkidul saat ini.

Pembangunan jalur atau jalan di kawasan ini yang kini tengah digenjot oleh pemerintah juga membuat masyarakat atau investor semakin tertarik untuk mengembangkan industri pariwisata ini.

Gunungkidul masih menjadi magnet untuk pengembangan pariwisata di DIY. Salah satu yang menarik adalah di sisi selatan wilayah Gunungkidul.

Sepanjang pantai Gunungkidul kini bermunculan destinasi-destinasi baru. Pengembangan destinasi wisata dengan memanfaatkan eksotisme pemandangan alam laut lepas  banyak dilakukan di sisi selatan Gunungkidul.

Salah satu di antaranya adalah spot baru menikmati sunset bernama Watu Paris. Spot baru yang berada di Kalurahan Giricahyo, Kapanewon Purwosari, Kabupaten Gunungkidul ini mulai menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Selain menikmati pemandangan laut lepas dari ketinggian, salah satu yang menarik tempat ini adalah, sejumlah bangunan menyerupai rumah terbalik. Tentu tempat ini membuat sesuatu nuansa yang berbeda di antara ratusan destinasi wisata di Gunungkidul.

Pemilik Watu Paris, Sutrisno Riyanto mengaku sengaja mengemas sesuati yang berbeda dengan destinasi yang lain agar tidak membosankan. Di samping itu, dia sengaja membuat konsep ini karena berdasar filosofi tokoh pewayangan bernama Semar.

"Filosofi Semar ini kami terapkan. Beliau Dewa dari khayangan yang kemudian memilih tinggal di Bumi menjadi guru dan penasihat para kesatria," tutur Sutrisno.

Sutrisno menyampaikan, banyak ragam wahana yang disediakan untuk menikmati sunset di Watu Paris. Mulai dari gardu pandang tiga lantai, coffe shop, kursi gantung, gazebo, tempat nongkrong terbuka dan beberapa spot foto lainnya.

 

1
/
2