Meninggal Dunia pada Hari Jumat, Benarkah Pertanda Baik?

Laras Dwi Sasmita
Kamis 23 Juni 2022 20:56 WIB
Meninggal Dunia pada Hari Jumat, Benarkah Pertanda Baik?
Buya Yahya jelaskan keutamaan orang yang meninggal dunia pada Jumat, (Foto: celebrities.id/Instagram @buyayahya_albahjah)

JAKARTA, celebrities.id - Hari Jumat dipandang umat Muslim sebagai hari yang baik. Sehingga banyak yang mempertanyakan, apakah orang yang meninggal di Jumat merupakan pertanda baik dan akan masuk surga? 

Buya Yahya mengungkap dalam salah satu kitab Imam As-Suyuthi, di mana dijelaskan tentang keutaman meninggal dunia pada Jumat, merupakan pertanda akan diampuni oleh Allah SWT. 

"Kata Nabi apakah orang mati di hari Jumat akan pasti diampuni, jangan berkata pasti, karena mungkin ada dosa yang tidak bisa diampuni  oleh Allah misalnya kesyirikan, manusia kafir," kata Buya Yahya dikutip dari Kanal YouTube Buya Yahya, Jumat (24/6/2022). 

Menurut Buya Yahya waktu kematian seseorang tidak bias ditebak dan merupakan rahasia Allah SWT. 

Adapun ketika seseorang tengah menghadapi kematian sakaratul maut dan memiliki kemampuan untuk mengucapkan dua kalimat syahadat, maka itu merupakan karunia yang diberikan oleh Allah SWT. 

"Sama seperti orang mati yang menuntut ilmu Insya Allah syahid kita husnuzan, sebab mati tidak bisa diminta. Jadi itu karunia dari Allah, seperti meninggal dengan bisa menyebutkan dua kalimat syahadat itu kemuliaan," katanya.

Editor : Imantoko Kurniadi