Meninggal saat Tidur, Sutradara dan Sejarawan Film Joel Bender Wafat di Usia 72 Tahun

Muhammad Irfan Ardhiansyah
Minggu 09 Mei 2021 14:52 WIB
Sutradara dan sejarawan film Joel Bender (Foto: celebrities.id/variety.com)

NEW YORK, celebrities.id – Joel Bender, editor, sutradara, penulis, dan produser Hollywood meninggal dalam tidurnya di usia 72 tahun pada 24 April kemarin. 

Dilansir dari variety.com, Jumat (7/5/2021), sang istri, Manette Beth Rozen mengungkapkan rasa sedih karena kehilangan sosok jenaka penyayang keluarga tersebut.

“Dunia berubah selamanya dengan meninggalnya Joel Bender. Dia orang yang unik, jenaka, menawan, penyayang, kreatif dan cerdas. Joel akan dirindukan oleh keluarga tercintanya dan teman-temannya. Kamu adalah yang terhebat, sayang, dan akan selamanya di dalam hati kami mencintaimu, bintang paling terang di surga,” kata Rosen. 

Joel Bender menikah selama 28 tahun dengan istrinya, Manette Beth Rosen. Ia banyak membuat karya profesional dengan istrinya yang juga sutradara dan produser film. 

Sepanjang kariernya, Bender tercatat pernah menyutradarai 11 film dan banyak acara TV. Dia pernah menjadi editor 20 film, termasuk karya-karya terkenal seperti Karla, Italian Ties, Bad Guys, Vlad, The Runnin’ Kind, The Cursed, dan acara TV seperti The Great Race, Survivor, dan Power Rangers.

Joel Bender lahir di Brooklyn, New York, 9 Juni 1949. Semasa mudanya, ia pernah bersekolah di School of the Visual Arts dan memenangkan penghargaan melalui karya film pendeknya di usia 19 tahun. Kemudian, ia juga pernah bekerja sebagai asisten sejarawan film William K. Iverson, dan bertemu dengan sutradara Abraham Polonsky ketika memamerkan filmnya di The Film Theatre di London.

Bender juga pernah bekerja sebagai sejarawan film di Musem of Modern Arts, New York. Ia juga sangat dikenal karena banyak mengoleksi film langka.

Editor : Hadits Abdillah