Menjahit dan Menyapu Malam Hari Undang Kesialan, Benarkah? Ini Jawaban Buya Yahya

Laras Dwi Sasmita
Jumat 20 Mei 2022 00:13 WIB
Menjahit dan Menyapu Malam Hari Undang Kesialan, Benarkah? Ini Jawaban Buya Yahya
Buya Yahya membefrikan tausiah mengenai mitos menyapu dan menjahit di malam hari bikin sial. (Foto: celebrities.id/Instagram @buyayahya_albahjah)

JAKARTA, celebrities.id - Sebagian masyarakat percaya bahwa menjahit dan menyapu di malam hari adalah pemali atau mengundang kesialan. Pada tausiah kali ini, Buya Yahya akan menjelaskan hal tersebut menurut pandangan Islam. 

Buya Yahya mengatakan menyapu dan menjahit pada malam hari diperbolehkan dalam Islam. Akan tetapi jika tidak diperbolehkan, maka hal itu bukan termasuk dalam hukum yang disandarkan pada syariat atau syariah, melainkan karena bahaya. 

"Jawabannya adalah Anda mau nyangkul malam hari juga boleh. Kalau pun ada ketidak bolehan itu bukan karena hukum syariat akan tetapi karena bahaya," kata Buya Yahya dikutip dari Kanal YouTube Dhany Bias_, Jumat (20/5/2022). 

Menurut Buya Yahya, larangan menjahit dan menyapu di malam hari hanya keyakinan yang dipercaya masyarakat saja. Namun dalam Islam hal tersebut bukanlah sesuatu yang haram jika dikerjakan. 

"Jadi enggak ada larangan menjahit dan menyapu di malam hari. Cuma kamu menyapu di malam hari nanti diomelin sama suami ngga bersih besoknya karena remang-remang. Itu hanya keyakinan di masyarakat aja, ngga ada haram," katanya.

Editor : Hadits Abdillah