Menjelajahi Taman Purbakala Pugung Raharjo, Wisata Sejarah Jejak Peradaban di Indonesia

Icon CameraNovie Fauziah
Selasa 24 Januari 2023 14:25 WIB
Menjelajahi Taman Purbakala Pugung Raharjo, Wisata Sejarah Jejak Peradaban di Indonesia
Menjelajahi Taman Purbakala Pugung Raharjo. (celebrities.id/ihategreenjello)

JAKARTA, celebrities.id - Di Lampung terdapat wisata sejarah yang tak kalah unik dan bisa Celeb Hitz kunjungi saat liburan. 

Taman Purbakala Pugung Raharjo namanya, jadi salah satu destinasi sejarah menarik untuk dikunjungi.

Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan situs purbakala yang ditemukan di Lampung. Tempat wisata sejarah ini pula menjadi salah satu saksi peradaban manusia di Indonesia, sehingga sangat layak dan patut untuk dijaga kelestariannya.

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (24/1/2023), berikut ini fakta-fakta tentang Taman Purbakala Pugung Raharjo dari sejarah hingga lokasinya:

1. Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo

Situs Pugungraharjo ditemukan pada 1957 oleh penduduk setempat. Terdiri atas warga transmigran saat melakukan penebangan hutan. Beberapa penebang, yakni Barno Raharjo, Sardi, Karjo dan Sawal melaporkan hasil penemuan tersebut kepada Dinas Purbakala. Salah satu dari temuan awal tersebut terlihat arca yang dikenal sebagai arca, di mana cirinya masa klasik dan berlanggam Budhis.

Sebelumnya terungkap adanya megalitik di Sumatera telah banyak dilakukan para pakar jauh sebelum Indonesia merdeka. Di antaranya Tombrink, Steinmetz, Ullman, Schnitger, Van der Hoop dan Funke. Akan tetapi Pugungraharjo yang ditemukan oleh para transmigran itu, tidak dikenal oleh para peneliti tersebut.

Pada 1968 dilakukanlah penelitian awal oleh Lembaga Purbakala yang dipimpin oleh Drs. Buchori. Pada tahun 1973, Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional, yang mana bekerjasama dengan Pennsylvania Museum University. Saat itu melakukan pencatatan dan pendokumentasian kepurbakalaan Pugung Raharjo, hasilnya dituangkan ke dalam Laporan Penelitian Sumatera.

Kemudian penelitian tersebut terus berlanjut, hingga pada 1980 dilakukan ekskavasi, yang menghasilkan kesimpulan bahwa kompleks megalitik Pugung Raharjo memiliki luas sekitar 25 ha. Pada 1977/1978 - 1983/1984 dilakukan pemugaran di situs Pugungraharjo oleh Direktorat Jenderal Perlindungan dan Pembinaan Sejarah dan Purbakala, melalui Proyek Pembinaan dan Pemeliharaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala Lampung.

 

2. Daya Tarik

Terdapat daya Tarik dari objek wisata Taman Purbakala ini yaitu, sejarah dari adanya situs tersebut. Di mana Anda dapat mengetahui, mempelajari, sekaligus menambah wawasan luas tentang adanya sejarah dari penemuan berharga tersebut.

Jika dilihat dari hasil penemuannya yang berada dalam satu area situs tersebut, dari zaman prasejarah, klasik (Hindu-Budha), hingga kurun Islam, ini jarang terjadi di daerah lain di Indonesia.

Situs satu ini terbuat dari keramik atau bebatuan yang tak biasa. Terdapat sebaran keramik yang ditemukan di situs Pugungraharjo cukup luas, di mana benda tersebut umumnya mulai dari abad ke-8, hingga abad ke-17 Masehi.

Keramik asing yang ditemukan di situs di area bersejarah ini, berasal dari Dinasti Tang, Cing, Sung, dan Ming. Bukti tersebut menunjukkan, bahwa perdagangan atau pelayaran di abad 10 hingga abad 16 Masehi di kawasan Way Sekampung sangat ramai. Tak hanya itu saja, melalui Way Sekampung inilah diduga sebagai jalur masuknya Islam ke Lampung Tengah. Mengingat ditemukannya medallion Sam Pho Khong di daerah ini.

Oleh karena itu Taman Purbakala ini sangat cocok sebagai destinasi wisata edukasi, khususnya untuk ana-anak yang sangat membutuhkan pengetahuan sejarah lebih luas. Hal ini pun akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang, serta melatih kemampuan otaknya.

3. Spot Menarik

Bukan hanya mengenal sejarah dan jadi sarana wisata edukasi saja. Taman Purbakala Pugung Raharjo terdapat spot-spot menarik dan Instagramable di setiap sudutnya, cocok bagi Anda pecinta fotografi.

Pemandangan di sekitar Taman Purbakala Pugung Raharjo juga cukup memesona. Dikelilingi oleh pepohonan hijau yang bisa memanjakan mata, udaranya sejuk, bisa untuk healing lho.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2