Menjelajahi The Poison Garden, Taman Paling Beracun di Inggris

Stefani Ira Pratiwi
Minggu 18 September 2022 11:22 WIB
Menjelajahi The Poison Garden, Taman Paling Beracun di Inggris
Menjelajahi The Poison Garden. (celebrities.id/BBC)

JAKARTA, celebrities.id - Sama seperti namanya, The Poison Garden merupakan taman yang berisi lebih dari 100 tanaman beracun. Taman ini terletak di Taman Alnwick di Northumberland, Inggris dan sudah berdiri sejak 2005. 

Sebelum masuk ke dalam taman, pengunjung akan melihat sebuah gerbang besi hitam yang juga memuat peringatan yang berbunyi "These Plants Can Kill". 

Bukan hanya tulisan saja, peringatan di gerbang itu dilengkapi dengan simbol tengkorak dan tulang bersilang di tengahnya. 

Simbol tersebut menunjukkan bahwa peringatan itu bukan sebuah lelucon, namun taman tersebut memang merupakan taman paling mematikan di dunia.

Ada banyak jenis tanaman yang dibudidayakan di taman ini. Salah satunya, monkshood atau yang disebut juga “kutukan serigala” merupakan jenis tanaman yang mengandung aconitine, neurotoxin, dan cardiotoxin.¬†

Dulu tanaman ini digunakan sebagai racun pada tombak untuk berburu serta senjata dalam perang zaman kuno. Lalu ada jenis tanaman semak-semak rhododendron. Daun semak ini mengandung grayanotoxin yang akan menyerang sistem saraf seseorang jika dimakan. 

Selain itu, di taman ini ada daun prunus laurocerasus atau yang lebih dikenal sebagai cherry laurel. Tanaman ini bisa membunuh siapa pun yang memangkasnya karena dalam tanaman ini terkandung dua komponen glikosida sianogenik dan ion sianida. 

 

1
/
2