Menparekraf Sandiaga Uno: Libur Lebaran Berdampak Positif pada Kebangkitan Sektor Parekraf  

MNC Portal
Selasa 10 Mei 2022 12:03 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno: Libur Lebaran Berdampak Positif pada Kebangkitan Sektor Parekraf  
Menparekraf Sandiaga Uno ungkap libur Lebaran berdampak positif pada kebangkitan sektor parekraf. (Foto: celebrities.id/MNC Media)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan pergerakan orang saat mudik dan libur Lebaran tahun 2022 memberikan dampak yang sangat besar terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan tingginya jumlah wisatawan yang datang ke destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif di berbagai daerah. 

Hal ini tidak lepas dari keputusan pemerintah yang memperbolehkan "mudik" setelah 2 tahun terhalang akibat pandemi. 

"Destinasi-destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif di berbagai daerah semua penuh. Dan kami mendapatkan laporan maupun beberapa pantauan yang kami lakukan langsung, bahwa jumlah wisatawan sangat besar dan ini sesuai dengan target kita," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam "Weekly Press Briefing" yang digelar secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona, Senin (9/5/2022) sore. 

Beberapa destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan itu terutama di Bali. Termasuk di seputar atau sekitar jalur mudik yang mendapat limpahan kunjungan dari wisatawan lokal. 

Menparekraf Sandiaga mengungkapkan, perputaran uang di beberapa destinasi dan sentra ekonomi kreatif di Bali dalam periode libur lebaran 2022 dilaporkan bisa mencapai Rp250 miliar. Pemerintah sendiri memproyeksi perputaran uang di libur lebaran sebesar Rp72 triliun secara nasional. 

"Dampak ekonomi yang detail akan segera dihitung. Tapi dari kunjungan langsung pantauan kami seperti di Taman Impian Jaya Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah, ini semua mengalami peningkatan kunjungan dari wisatawan lokal atau wisatawan domestik," kata Sandiaga. 

 

1
/
2