Menperin Dorong Investasi Sektor Industri Semikonduktor, Bisa Perkuat Otomotif

Ikhsan Permana
Kamis 22 September 2022 23:07 WIB
Menperin Dorong Investasi Sektor Industri Semikonduktor, Bisa Perkuat Otomotif
Menperin dorong investasi sektor industri semikonduktor. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Indonesia dan sejumlah negara anggota G20 terus berupaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi yang komprehensif, termasuk di sektor industri salah satunya dengan Amerika Serikat (AS).

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengemukakan, terdapat beberapa potensi kerja sama di sektor industri yang perlu direalisasikan.

Salah satunya, yakni memacu investasi di sektor industri semikonduktor. Sebab menurutnya, ada produsen semikonduktor yang cukup besar berlokasi di AS, antara lain Intel, Micron Technology, Qualcomm, Broadcom, Texas Instruments, dan NVIDIA.

“Indonesia memiliki sumber daya bahan baku seperti pasir silika yang melimpah di beberapa wilayah Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Investasi yang akan hadir nanti diharapkan dapat memperkuat rantai nilai di sektor-sektor industri lainnya, seperti otomotif, komunikasi, dan elektronik,” kata Agus dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Dia mengungkapkan bahwa Kemenperin telah menyusun peta jalan jangka menengah dari 2022 hingga 2030 untuk pengembangan industri semikonduktor di Indonesia. 

“Untuk mendukung langkah tersebut, pemerintah akan memberikan sejumlah insentif kepada investor industri semikonduktor,” tuturnya.

Editor : Imantoko Kurniadi