Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Dorong Transformasi Bidang Kesehatan, Siap Hadirkan BGSi

Kevi Laras
Selasa 02 Agustus 2022 13:56 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Dorong Transformasi Bidang Kesehatan, Siap Hadirkan BGSi
Menkes Budi Gunadi Sadikin dorong transformasi bidang kesehatan. (Foto: Okezone/Biro Pers Setpres)

JAKARTA, celebrities.id - Dalam rangka mewujudkan transformasi kesehatan bidang teknologi kesehatan, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akan hadirkan Biomedical dan Genome Sience Initiative (BGSi) bulan ini.

Metode genome sequencing banyak digunakan sebagai penelitian di bidang genetik dan biologi molekuler, termasuk di bidang medis untuk memahami berbagai penyakit. Ditambah juga bisa melihat, secara rinci yang ada di tubuh manusia, terutama terkait kondisi kesehatan seperti apa.

“Malah ke depannya melalui BGSi ini bisa melihat potensi penyakit yang akan timbul di masa mendatang,” ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin, Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut, disampaikan bahwa genome sequencing jadi metode untuk mengurutkan genom yang berada di organisme, seperti bakteri, virus, dan manusia. Genom adalah materi genetik yang tersusun dari DNA. 

Di mana dulu untuk melihat kondisi kesehatan seseorang diambil dari darah, MRI, dan CT Scan. Melalui BGSi, ke depan diagnosisnya bisa menggunakan genom sequencing.

 

1
/
2