Menu Diet untuk Remaja 13 Tahun, Efektif Turunkan Berat Badan

Iqbal Widiarko
Selasa 02 Agustus 2022 14:19 WIB
Menu Diet untuk Remaja 13 Tahun, Efektif Turunkan Berat Badan
Menu diet untuk remaja 13 tahun perlu diperhatikan sebab masa remaja masih membutuhkan kalori dan gizi yang seimbang. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Menu diet untuk remaja 13 tahun menarik untuk diperhatikan sebab pola makan remaja saat diet tidak hanya berkaitan dengan menunya saja melainkan kebiasaan sehari-hari yang dapat mengganggu keberhasilan program diet. 

Anak berusia 2 hingga 18 tahun dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya akan biji-bijian, produk segar, protein tanpa lemak dan produk susu rendah lemak.

Makanan sehat selama seminggu termasuk sarapan, seperti roti gandum dengan mentega kacang dan irisan apel atau oatmeal dapat menjadi salah satu menu pilihan terbaik. Memberi makan anak remaja tidak harus mengeluarkan kocek yang mahal.

Mulailah merencanakan menu makan dan pola pada makanan yang sehat dan bergizi. Kamu akan benar-benar melihat beberapa perbedaan besar dalam beberapa bulan jika konsisten melakukan proses diet aman secara baik.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Selasa (2/8/2022) telah merangkum menu diet untuk remaja 13 tahun, sebagai berikut.

Menu Diet untuk Remaja 13 Tahun

1. Menu Diet Senin

- Sarapan

Awali dengan sarapan sereal gandum utuh, susu rendah atau tanpa lemak, roti panggang gandum yang diolesi mentega kacang dan segelas jus jeruk yang diperkaya kalsium.

- Makan Siang

Untuk makan siang, kamu bisa sandwich ikan tuna yang disiram dengan mayones rendah lemak dan disajikan di atas roti gandum. Lengkapi makanan dengan wortel mentah, irisan apel dan segelas susu.

- Makan Malam

Makan malam kamu bisa menyantap semangkuk sayuran hijau dengan roti gandum utuh dan salad tomat. Pada waktu camilan, kamu bisa ngemil keju rendah lemak dengan biskuit gandum dan kismis.

2. Menu Diet Selasa

- Sarapan

Awali dengan muffin atau kue panggang, yogurt dan irisan buah beri segar untuk sarapan.

- Makan Siang

Makan siang dengan daging sapi panggang yang diiris tipis dan dibungkus dengan tortilla gandum utuh yang diolesi dengan krim keju rendah lemak.

Masukkan selada dan sayuran seperti kecambah atau mentimun, sertakan dengan segelas susu dan pisang utuh.

- Makan Malam

Untuk makan malam, sajikan potongan dada ayam tumis dengan kombinasi sayuran di atas nasi merah matang dengan irisan melon segar untuk hidangan penutup. Kamu bisa menambah kacang rendah sodium panggang kering dan popcorn sebagai camilan.

3. Menu Diet Rabu

- Sarapan

Nikmati wafel gandum utuh dengan saus apel, irisan jeruk dan segelas susu untuk sarapan.

- Makan Siang

Untuk makan siang, bisa santap sepotong pizza gandum berisi sayuran utuh yang ditabur dengan keju parut rendah lemak dan disertakan dengan salad sayuran hijau di atasnya dengan wortel parut.

- Makan Malam

Saat makan malam, sajikan mie spaghetti gandum utuh dengan saus marinara rendah sodium yang mengandung daging sapi giling tanpa lemak berwarna kecoklatan.

Bisa juga ditambah brokoli kukus di sampingnya. Camilan bisa berupa kue beras yang diolesi mentega kacang atau keju cottage rendah lemak yang dicampur dengan buah.

 

1
/
2