Menyingkap Misteri Goa Pindul, Cikal Bakal Keraton Mataram Islam

Icon CameraErfan Erlin
Rabu 23 November 2022 16:16 WIB
 Menyingkap Misteri Goa Pindul, Cikal Bakal Keraton Mataram Islam
Menyikap misteri Goa Pindul. (Foto: initempatwisata)

YOGYAKARTA, celebrities.id - Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diburu wisatawan. Hampir setiap akhir pekan selalu destinasi ini selalu dipadati wisatawan yang ingin merasakan susur goa dengan menggunakan ban.

Selain merasakan sensasi menyusuri sungai bawah tanah, river tubing di Goa Pindul juga merasakan anugerah Ciptaan Tuhan. Keindahan stalagtit  dan stalakmit yang ada di langit-langit goa memang cukup menakjubkan.

Aura mistis nampak terasa ketika memasuki ke dalam goa. Perubahan suhu yang terjadi ketika masuk dari yang panas atau hangat menjadi dingin cukup terasa. Keheningan muncul kecuali suara tetesan air di dalam goa menyentuh permukaan sungai.

Tak banyak yang mengetahui jika nama Goa Pindul diambil warga berdasarkan kisah yang berkembang di wilayah tersebut. Nama Goa Pindul juga tidak lepas dari cikal bakal Keraton Mataram Islam yang merupakan asal muasal Ngayogyakarto Hadiningrat.

Nama Goa Pindul berasal dari sebuah kisah perjalanan seorang tokoh Mataram yang bernama Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan. Konon kedua orang ini mendapat perintah dari Panembahan Senopati di kerajaan Mataram untuk membunuh bayi laki laki hasil buah cinta putri Panembahan Senopati yaitu bernama Mangir Wonoboyo. 

Dalam perjalanan kedua utusan Panembahan Senopati itu tidak tega untuk membunuh sang bayi. Kemudian keduanya pergi ke aeah timur yaitu ke arah Gunungkidul hingga tibalah di suatu dusun di daerah Karangmojo. 

Di dusun itu keduanya menggelar (membuka) tikar untuk alas tidur. Kedua orang tersebut kemudian beristirahat. Karenanya di dusun tempat untuk menggelar tikar itu kemudian dinamakan Gelaran. 

 

1
/
3