Mesin Mobil Ngelitik? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Bertold Ananda
Minggu 26 September 2021 20:34 WIB
Mesin Mobil Ngelitik? Ini 5 Penyebab dan Cara Mengatasinya
Penyebab dan cara mengatasi mesin mobil ngelitik. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Pernahkah Anda mengalami dan merasakan mobil Anda berdetak atau menimbulkan suara ngelitik pada saat idle?

Ya, bunyi klitik-klitik memang tidak menyenangkan saat berkendara. Biasanya, penyebab mesin mobil ngelitik terjadi karena pembakaran yang tidak sempurna dari ruang mesin. Bahan bakar di ruang mesin sudah terbakar sebelum waktunya dan membuat ledakan.

Gejala ngelitik rupanya dapat dihilangkan dengan cara mengenali penyebabnya. Dikutip dari laman resmi Toyota Astra, Ahad (26/9/2021), berikut ini 5 penyebab mesin ngelitik dan cara mengatasinya.

1. Pengapian tidak sempurna

Ini merupakan penyebab utama yang bisa Anda selidiki secara kasat mata, terutama pada komponen busi mobil yang berperan penting memercikan api pada ruang bakar. Ketika busi tersebut sudah lemah maka api yang dihasilkan dari percikan tersebut menjadi kecil. Sehingga yang terjadi bensin yang akan disemprotkan dari injektor tidak bisa terbakar dengan maksimal. Solusinya Anda dapat mengganti busi dengan yang baru untuk hasil pembakaran mesin terbaik.
 
2. Pencampuran bahan bakar dengan udara tidak sempurna

Ini terjadi karena pencampuran antara bahan bakar, udara dan pengapian tidak sesuai dan tidak merata.  Solusi dari permasalah tersebut yakni dengan melakukan tune up dan servis berkala. Dalam melakukan servis juga akan dilakukan tahapan penyetingan bahan bakar. Hal itu tentunya dapat mengurangi gejala ngelitik.
 
3. Ignition timing berubah posisi

Penyebab selanjutnya yakni letak ignition timing yang tidak sesuai posisi standard. Hal itu tentunya  dapat menyebabkan terjadinya gejala ngelitik karena bahan bakar diledakkan tidak pada waktunya. Jika terus dibiarkan maka dapat menyebabkan kompresi bocor atau hilang sehingga dapat membuat tenaga mobil ngempos.

 

1
/
2