Meski Sudah Sembuh Seseorang Bisa Alami Reinfeksi Covid-19, Ini Bahayanya

Kevi Laras
Jumat 01 Juli 2022 22:51 WIB
Meski Sudah Sembuh Seseorang Bisa Alami Reinfeksi Covid-19, Ini Bahayanya
Meski Sudah Sembuh Seseorang Bisa Alami Reinfeksi Covid-19, Ini Bahayanya. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Covid-19 saat ini tengah berkembang dengan subvarian lebih mudah menular. Studi dari Fakultas Kedokteran Universitas dan VA di Saint Louis mengungkapkan seseorang yang sudah sembuh bisa terinfeksi kembali (reinfeksi) bahkan bisa berulang kali.

Penelitian itu menyelidiki, dampak berbagai infeksi Covid-19 pada sistem kekebalan tubuh. Populasi penelitian memiliki 257.427 peserta yang tertular Covid-19 hanya sekali, dan 38.926 peserta yang pernah mengalami dua atau lebih infeksi ulang SARS-CoV-2.

“Risiko terendah pada orang dengan satu infeksi, meningkat pada orang dengan dua infeksi, dan tertinggi pada orang dengan tiga atau lebih infeksi,” tulis para peneliti dilansir Times of India, Jumat (1/7/2022)

Para peneliti menemukan bahwa ada risiko rawat inap yang lebih tinggi dan komplikasi kesehatan bertahan lama setelah seseorang terinfeksi ulang oleh virus, terlepas dari status vaksinasinya.

Efek samping

Data dari penelitian itu, menunjukkan mereka yang terinfeksi ulang dengan Coronavirus lebih dari satu kali memiliki peningkatan risiko beberapa komplikasi, seperti komplikasi kardiovaskular dan pembekuan darah. Infeksi ulang Covid-19 juga dapat memiliki konsekuensi parah bagi paru-paru.

Selain itu, reinfeksi tersebut dapat menyebabkan masalah ginjal, masalah neurologis dan masalah muskuloskeletal. Orang juga dapat mengembangkan diabetes atau gangguan kesehatan mental. Perlu dipahami, ketika anda mengalami reinfeksi Covid-19 maka sangat penting berkonsultasi dengan dokter.

Tujuannya untuk mencari perawatan bila mengalami gejala seperti kelelahan, demam, malaise pasca-aktivitas, sesak napas, jantung berdebar dan kabut otak.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra