Mia Audina Ungkap Alasan Jadi Warga Negara Belanda, Pengakuannya Bikin Terharu karena Ibunda Meninggal

Hasyim Ashari
Minggu 17 Oktober 2021 13:57 WIB
Mia Audina Ungkap Alasan Jadi Warga Negara Belanda, Pengakuannya Bikin Terharu karena Ibunda Meninggal
Legenda bulutangkis Mia Audina pindah kewarganegaraan dari Indonesia ke Belanda. (Foto: celebrities.id/PBSI)

JAKARTA, celebrities.id – Keputusan legenda bulutangkis Mia Audina pindah kewarganegaraan dari Indonesia ke Belanda, mengejutkan banyak pihak ketika itu. Rupanya, dia punya alasan yang bikin terharu. 

Mia Audina pernah memperkuat tim bulutangkis Merah Putih di ajang Piala Uber 1994 saat masih berusia 14 tahun. Kala itu, dia sukses menjadi penentu kemenangan Indonesia melawan China di laga final.

Dari situ, dia mendapat julukan Si Anak Ajaib. Dua tahun kemudian Mia Audina sempat menjadi tunggal putri nomor satu dunia berkat kegigihannya di dunia tepok bulu.

Dia kemudian menetap dan menjadi warga negara Belanda sekaligus mulai mewakili Negeri Kincir Angin dalam berbagai pertandingan. Baru-baru ini, Mia Audina mengungkapkan alasan pindah warga negara bukan karena ikut sang suami semata. 

“Bukan karena ikut suami, ya banyak kurang lebihnya seperti itu. Tetapi, banyak cerita di belakang itu salah satu alasannya karena mama saya meninggal,” tutur Mia Audina, dilansir dari YouTube PB Djarum, Minggu (17/10/2021).

“Saya selalu main buat mami yang sudah sakit beberapa tahun lalu, dan saya selalu bermain buat dia, membiayai dia dan sebagainya. Begitu mami sudah tidak ada saat saya masih berusia muda yaitu 19 tahun, jadi harus punya sesuatu yang baru, lingkungan baru. Semuanya untuk bisa maju terus," katanya.

Mia tercatat pernah mengikuti Olimpiade dengan dua negara berbeda, yakni Indonesia dan Belanda. Bersama kedua negara itu pula, perempuan yang kini berusia 42 tahun itu sukses merebut medali perak. 

 

1
/
2