Microsoft Bakal Hentikan Penjualan Lisensi Windows 10 Bulan Ini, Biar Konsumen Beralih ke Windows 11

Icon CameraHadits Abdillah
Sabtu 21 Januari 2023 20:54 WIB
Microsoft Bakal Hentikan Penjualan Lisensi Windows 10 Bulan Ini, Biar Konsumen Beralih ke Windows 11
Microsoft akan hentikan penjualan lisensi Windows 10. (Foto: celebrities.id/Techspot)

JAKARTA, celebrities.id - Microsoft mengumumkan bakal menghentikan penjualan lisensi Windows 10 seperti Windows 10 Home Pro dan Workstation di bulan ini. 

Keputusan diambil diambil Microsoft untuk mendorong konsumen beralih ke sistem operasi yang lebih baru, yakni Windows 11, melansir dari TechSpot, Sabtu (21/1/2023).

Microsoft menyatakan bahwa 31 Januari 2023 adalah hari terakhir konsumen dapat mengunduh sistem operasi dari situs Microsoft. Meski demikian, perusahaan akan terus menerima pembaruan keamanan yang melindungi PC dari virus, spyware, dan malware lainnya hingga 14 Oktober 2025.

Jika ingin mengunduh Windows 10 dari situs web Microsoft, konsumen masih memiliki waktu kurang dari dua minggu untuk. Perusahaan mengenakan biaya 139 dolar AS untuk Windows 10 Home, 199 dolar AS untuk Windows 10 Pro, dan 309 dolar AS untuk Windows 10 Pro for Workstations.

Ini hanya berlaku untuk unduhan digital Windows 10 yang dibeli langsung dari situs Microsoft oleh konsumen, OEM kemungkinan masih dapat membeli lisensi.

Ada juga banyak pengecer pihak ketiga yang menjual unduhan dan salinan fisik, termasuk salinan OEM Home dan Pro yang tersedia di Amazon, dan banyak situs yang menjual kunci produk dengan harga murah.

Meskipun ada banyak penolakan awal terhadap Windows 11, OS terus mengikis pangsa pengguna pendahulunya dalam survei Steam. Sekarang ditemukan di hampir 3 dari 10 PC, menunjukkan bahwa para gamer mulai menyukai Windows 11.

Dilaporkan juga bahwa banyak perusahaan sedang bersiap untuk beralih ke Windows 11. Itu kabar baik bagi Microsoft karena segmen perusahaan secara tradisional paling lambat untuk meningkatkan ke sistem operasi Windows terbaru.

Namun, pada akhirnya, banyak orang dengan tegas menentang meninggalkan Windows 10, seperti yang kita lihat dengan Windows 7. Berharap kerumunan ini bertahan sampai dukungan berakhir dalam dua tahun dan mungkin lebih lama lagi.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News