Miliki Banyak Waktu Luang Bikin Kesejahteraan Menurun? Ini Hasil Riset Pakar Psikologi

Cesar Rivaldo
Senin 13 September 2021 19:38 WIB
Miliki Banyak Waktu Luang Bikin Kesejahteraan Menurun? Ini Hasil Riset Pakar Psikologi
Waktu luang dan produktivitas bekerja harus seimbang. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Memiliki waktu luang memanglah mengasyikan. Kita tentu bisa membuat rencana apapun semau kita di waktu luang. Akan tetapi, jika berlebihan akan menjadi hal yang buruk bagi seseorang.

Hal ini dijelaskan dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology.

"Orang sering mengeluh karena terlalu sibuk dan mengungkapkan keinginannya lebih banyak waktu luang. Tetapi apakah lebih banyak waktu akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih besar? Kami menemukan bahwa memiliki waktu luang dalam satu hari menghasilkan stress yang lebih besar dan kesejahteraan subjektif yang lebih rendah," kata Marissa Sharif, PhD, asisten Profesor di The Wharton School sekaligus penulis utama pada jurnal. 

Para peneliti juga menganalisis data dari 21.736 orang Amerika Serikat yang berpartisipasi dalam survei penggunaan waktu antara 2012 dan 2013. 

Para peneliti menemukan bahwa ketika waktu luang meningkat, kesejahteraan juga meningkat, tetapi itu akan mendatar sekitar dua jam dan menurun setelah lima jam, yang berarti waktu luang yang terlalu banyak akan menjadi hal yang tidak baik.

 

1
/
2