Minuman Favorit Cristiano Ronaldo, Ini 5 Manfaat Air Putih yang Jarang Diketahui

Ahmad Haidir
Rabu 16 Juni 2021 11:27 WIB
Air putih mengandung banyak manfaat. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id – Air putih atau air mineral memang dikenal baik untuk tubuh. Bahkan kita dianjurkan untuk minum air putih setidaknya delapan gelas sehari.

Pentingnya minum air putih pun secara tak langsung pernah ditunjukkan oleh Cristiano Ronaldo. Pesepakbola ini menyingkirkan botol minuman bersoda lantas memilih air mineral.

Mantan bintang klub asal Inggris Manchester United itu dikenal sebagai sosok olahragawan yang memiliki pola diet ketat nan disiplin. Namun, tindakannya tersebut tentu mengundang perhatian tersendiri. 

Ronaldo seolah mengingatkan kepada publik mengenai pentingnya mengonsumsi air mineral untuk kesehatan, terutama bagi sosok atlet seperti dirinya.

Kebiasaan mengonsumsi air putih yang cukup bisa mendatangkan berbagai manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah menjaga metabolisme tubuh serta mencegah dehidrasi.

Selain itu, terdapat beberapa manfaat dari rutin mengkonsumsi air putih yang mungkin tidak banyak diketahui oleh orang. Apa saja manfaat tersebut? Simak rangkumannya dari berbagai sumber, Rabu (16/6/2021).

1. Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala

Siapa sangka bahwa air putih juga bisa membantu untuk mencegah dan mengatasi sakit kepala. Hal ini berdasarkan studi yang dipublikasikan di jurnal Headache tahun 2004 yang mengungkapkan mengenai manfaat air putih yang bisa mengurangi sakit kepala (tipe tegang) pada orang-orang yang dehidrasi.

Ada pula studi lainnya pada tahun 2005 di European Journal of Neurology menyebutkan bahwa air putih sesungguhnya tak punya efek apa pun terhadap frekuensi sakit kepala, namun dinilai bisa mengurangi intensitas dan durasinya.

2. Membersihkan Usus dan Membantu Sistem Pencernaan

Ilmuwan banyak menganjurkan bahwa pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk mengonsumsi air putih. 
Hal ini dikarenakan saat bangun tidur dengan perut kosong lalu meminum air putih bisa membantu membersihkan usus.

Hal tersebut juga berfungsi untuk membuat sistem penceraan menjadi lebih baik dan mudah untuk menyerap nutrisi yang akan masuk dari asupan yang bakal dikonsumsi hari itu.

 

1
/
2