7 Minuman Pembersih Rahim setelah Melahirkan, dari Jamu Beras Kencur hingga Temulawak

Iqbal Widiarko
Rabu 11 Mei 2022 18:00 WIB
7 Minuman Pembersih Rahim setelah Melahirkan, dari Jamu Beras Kencur hingga Temulawak
Minuman pembersih rahim setelah melahirkan mulai dari kunyit asam hingga temulawak. (Foto: celebrities.id/Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Minuman pembersih rahim setelah melahirkan dapat membersihkan kotoran yang tersisa dalam kandungan. Kondisi ini umumnya disebut nifas, yakni salah satu gangguan yang dialami oleh kaum ibu setelah melahirkan.

Dalam medis disebut lochea yang merupakan keputihan yang mengandung darah, lendir dan jaringan rahim, setelah melahirkan. 

Orangtua kita terdahulu telah mempersiapkan obat tradisional membersihkan rahim setelah melahirkan.

Ramuan ini terbuat dari herba alami dan sangat mudah dibuat sendiri. Nifas biasanya berlanjut selama empat hingga enam minggu setelah melahirkan atau disebut periode postpartum. 

Untuk mengembalikan bentuk tubuh dan kondisi kesehatan setelah melahirkan bunda bisa mengkonsumsi jamu-jamu tradisional.

Jamu-jamu setelah melahirkan ini biasanya terbuat dari tumbuhan-tumbuhan alami yang memang memiliki banyak sekali khasiat.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id telah merangkum minuman pembersih rahim setelah melahirkan, Rabu (11/5/2022).

Minuman Pembersih Rahim Setelah Melahirkan

1. Jamu Beras Kencur

Beras kencur bisa dikonsumsi sebagai jamu setelah melahirkan. Khasiat dari beras kencur membantu pemulihan kesehatan setelah melahirkan, diantaranya membuat badan segar dan bugar, mengurangi pegal-pegal, mengembalikan stamina dan sebagai diet alami yang aman. Bahkan beras kencur juga bisa membantu memperlancar ASI. Jenis jamu ini bisa kita temukan dengan mudah di pasar atau membuat sendiri.

2. Jamu Daun Pepaya

Daun pepaya bermanfaat mengembalikan bentuk tubuh yang melar karena kehamilan. Selain itu, daun pepaya bermanfaat mencegah demam saat ibu masuk masa nifas, melancarkan ASI, menghilangkan jerawat dan mengatasi keputihan.

3. Jamu Kayu Manis dan Jahe

Jamu setelah melahirkan selanjutnya berasal dari dua bahan yang sudah sejak dahulu menjadi rempah-rempah kesukaan masyarakat Indonesia, yakni kayu manis dan jahe. Kayu manis dan jahe termasuk rempah-rempah yang aman dikonsumsi bunda setelah melahirkan dalam dosis berapapun.

Jahe mengurangi peradangan sekaligus meningkatkan oksigen dan aliran darah ke rahim sehingga mempercepat proses pemulihan. Jahe sebenarnya adalah detoksifikasi alami yang baik untuk seluruh tubuh karena mendukung fungsi hati, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan produksi keringat yang sehat.

Minum jamu ini setelah melahirkan, mampu memulihkan stamina dan juga meningkatkan sistem imun pada tubuh agar kembali bugar, sebab saat melahirkan banyak tenaga yang terkuras dan tubuh menjadi lemah.

 

1
/
2