Miris! 6 Artis Ini Tewas Bunuh Diri akibat Penyakit Mental, Kisah Sulli F(x) Menyedihkan

Ajeng Wirachmi
Rabu 03 November 2021 08:41 WIB
Miris! 6 Artis Ini Tewas Bunuh Diri akibat Penyakit Mental, Kisah Sulli F(x) Menyedihkan
Miris! 6 Artis Ini Tewas Bunuh Diri akibat Penyakit Mental, Kisah Sulli F(x) Menyedihkan. (Foto: celebrities.id/kstarlive)

JAKARTA, celebrities.id - Kesehatan mental menjadi satu hal yang patut dipelihara. Apalagi, banyak kasus bunuh diri yang berlatar belakang seseorang menderita penyakit mental. 

Tak terkecuali, artis-artis dunia yang harus mengakhiri hidupnya sendiri lantaran tak kuasa menahan depresi. Berikut daftarnya yang telah dirangkum celebrities.id pada Rabu (3/11/2021).

Jonghyun

Personel boyband Shinee asal Korea Selatan, Jonghyun tewas akibat bunuh diri pada 18 Desember 2017. Dia bunuh diri dengan cara menghirup gas monoksida yang dia bakar sendiri di briketnya. 

Jonghyun ditemukan tak sadarkan diri oleh kakaknya, dan segera dilarikan ke rumah sakit. Namun, saat dia meninggal saat masih di perjalanan menuju ke rumah sakit, sekitar pukul 6 sore.

Berbagai sumber menyebut, Jonghyun merasa depresi dan tertekan karena memikirkan karir musiknya. Dia merasa kemampuannya di dunia musik sudah berkurang, sejalan dengan usianya yang kian bertambah. Penyanyi 27 tahun itu juga mengaku tidak mampu memenuhi ekspektasi masyarakat terhadapnya.

Saat ditemukan oleh sang kakak, ada secarik surat yang dia tulis di sebuah kertas. Dirinya mengutarakan bahwa dia diserang depresi dan membenci dirinya sendiri. Jonghyun juga mengutarakan bahwa dia sudah berusaha keras untuk mengatasi depresinya itu, namun gagal.

Sulli

Choi-Jin ri alias Sulli, merupakan mantan anggota girlband asal Korea Selatan, F(X). Ia ditemukan tewas gantung diri pada 14 Oktober 2019 di apartemennya. Polisi menyebut, Sulli nekat menghabisi nyawanya sendiri karena depresi berat. 

Dia disebut mengalami depresi karena terlalu sering menerima hujatan dan kata-kata kasar dari warganet di negaranya. Salah satunya adalah, Sulli disebut berasal dari keluarga yang berantakan. Itulah sebabnya, mengapa dia menjadi pemberontak. Adapula yang menebak jika Sulli menggunakan narkoba dan menyebabkan tubuhnya sangat kurus.

Jasad Sulli ditemukan pertama kali oleh sang manajer. Tahu artisnya telah tewas, manajer Sulli segera menghubungi anggota polisi. Sebelum mengakhiri hidupnya, Sulli sempat mengungkapkan rasa terimakasih kepada orang-orang yang selalu mendukungnya. 

Dia juga sempat melakukan siaran langsung di media sosialnya, tepat 2 hari sebelum bunuh diri. Ketika itu, Sulli menangis dan memohon kepada warganet untuk tidak menghakiminya sebagai orang jahat.

Ian Curtis

Musisi sekaligus vokalis band Joy Decision, Ian Curtis tewas gantung diri pada 18 Mei 1980 di rumahnya di Cheshire, Inggris. Orang-orang sekitar Curtis menilai jika dia adalah pribadi yang cukup tertutup dan kerap sedih. Apalagi, Curtis menderita epilepsi dan depresi. 

Kedua faktor inilah yang menjadi penyebab Curtis nekat gantung diri. Kisah perjalanan hidupnya diangkat menjadi film berjudul ‘Control’ pada 2007. Film tersebut menceritakan bagaimana Curtis menulis lagi, bernyanyi hingga akhirnya bunuh diri di usia 23 tahun.

Marilyn Monroe

Pesohor Hollywood, Marilyn Monroe dinyatakan tewas bunuh diri di kediamannya pada 1962. Dia mengalami overdosis obat. Berbagai sumber menyebut, Monroe tengah mengalami depresi dan berada di bawah pengawasan psikiater sejak 1961. 

Saat ditemukan, dia sudah berada dalam posisi tertelungkup dan tanpa busana. Sementara itu, botol pil nembutal di samping tubuhnya terlihat kosong.

Saat kematiannya, Monroe sedang mengalami skandal percintaan dengan John F. Kennedy, presiden AS ketika itu. Meskipun kematiannya sudah berlalu selama puluhan tahun, namun hingga saat ini masih banyak masyarakat yang membicarakan hal tersebut. Bahkan, teori konspirasi yang menyelimuti kematiannya pun ramai beredar.

Tommy Page

Penyanyi asal Amerika Serikat, Tommy Page juga masuk ke dalam jajaran artis dunia yang mengakhiri hidupnya sendiri. Dia ditemukan sudah tak bernyawa pada 3 Maret 2017 di New York. Musisi kelahiran 1967 itu mengalami depresi berkepanjangan, sebelum akhirnya nekat bunuh diri. 

Hingga saat ini, tidak diketahui pasti dengan cara apa Page mengakhiri hidupnya. Kematiannya itu sontak mengejutkan banyak pihak, termasuk penggemarnya di Indonesia. Sebab, Page sempat menggelar konser di tanah air pada 2015 yang bertajuk ‘Up Close and Personal’.

Sushant Singh Rajput

Sushant merupakan aktor Bollywood kelahiran 1986. Dirinya tercatat sudah belasan kali membintangi film dan serial tv di India. Namun pada 14 Juni 2020, Sushant meninggal dunia karena bunuh diri di rumahnya. 

Dia diketahui mengalami depresi selama 6 bulan terakhir. Kematian Sushant ini juga tak berselang lama dari tewasnya sang manajer, Disha Salian yang juga akibat bunuh diri.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi