Miris! Fenomena Mandi Lumpur di TikTok, Jadi Cara Kekinian untuk Mengemis Pundi-Pundi Rupiah

Icon CameraMuhammad Sukardi
Sabtu 21 Januari 2023 23:31 WIB
Miris! Fenomena Mandi Lumpur di TikTok, Jadi Cara Kekinian untuk Mengemis Pundi-Pundi Rupiah
Fenomena Mandi Lumpur di TikTok, Jadi Cara Kekinian untuk Mengemis Pundi-Pundi Rupiah. (Foto:celebrities.id/ TikTok)

JAKARTA, celebrities.id - Belum lama ini Indonesia dihebohkan dengan konten TikTok yang memperlihatkan sekelompok orang yang rela mandi lumpur dalam siaran langsung hanya demi mendapatkan saweran dari para penontonnya.

Cara baru tersebut dilakukan untuk mendapatkan pundi-pundi kekayaan di era digital saat ini. Menurut informasi yang tersebar di media sosial, sehari penghasilan mereka bisa mencapai Rp700 ribu. Bahkan, ada pelaku aksi yang mendapat Rp50 juta hanya dalam dua minggu 'ngelive'.

Nominal tersebut didapat dari membuat konten live dan mempermalukan diri sendiri dengan membanjur tubuh menggunakan air atau lumpur. Nahasnya, mereka yang mandi atau diguyur kebanyakan sudah uzur alias lansia. Konten ngemis gaya baru mandi lumpur TikTok ini pun disorot netizen.

Banyak yang menilai apa yang dilakukan pelaku sudah keterlaluan, apalagi banyak yang melibatkan orang-orang tua. Anehnya lagi, banyak sekali yang nonton konten seperti ini. Ya, percaya atau tidak banyak orang senang melihat orang lain menderita. Benar-benar sulit diterima akal sehat.

Tahu ada konten semacam ini, seorang pengusaha dengan nama TikTok John LBF Official mengajukan diri kepada salah satu pembuat konten, diketahui merupakan warga Lombok Tengah, untuk menjadikannya karyawan. Ya, daripada ngemis begitu.Ā  Tapi, si pelaku yang bernama Sultan Intan (Akhyar), nama Facebooknya, malah minta duit Rp200 juta untuk modal usaha. Ya, dia menolak kerja dan memilih minta duit langsung dengan nominal besar.

Keputusan Sultan pun dikecam netizen. Banyak yang menyayangkan Sultan menolak kerja demi tetap menjadi pengemis. "Mental pengemis," begitu komen banyak netizen kepada Sultan.

Tak lama setelah itu, polisi mendatangi kediaman Sultan. Meminta keterangan atas apa yang sudah dia buat hingga bikin gaduh masyarakat se-Indonesia. Tim kepolisian diketahui melakukan pemeriksaan mendalam soal aksi Sultan dan anggota keluarganya. Namun, hingga kini masih belum ada kabar terkini soal kasus ini dari tim kepolisian.

Malah, Sultan, bersama nenek dan keluarganya yang lain, terbang ke Jakarta diundang salah satu stasiun televisi. Di situ, Sultan menjelaskan kalau dirinya membuat konten semacam itu untuk edukasi kreativitas dan hiburan. Mendengar pernyataan Sultan seperti itu, Dewi Perssik yang bertugas sebagai pembawa acara naik pitam.

Dia kesal sekali, terlebih saat Sultan bilang konten mandi lumpur di TikTok-nya itu untuk edukasi.

Ā 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
3