Miris, Sudah Setahun Lebih Masih Ada Masyarakat yang Tak Tahu Pandemi Covid-19

Siska Permata Sari
Minggu 18 Juli 2021 18:33 WIB
Di Indonesia masih ada 3,9 persen responden yang tidak mengetahui sama sekali tentang pandemi Covid-19. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Sudah setahun lebih pandemi Covid-19 menghantam banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Namun, sebuah survei terbaru menunjukkan fakta yang cukup mengejutkan. 
 
Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengungkap, masih ada segelintir masyarakat Indonesia yang tidak mengetahui tentang Covid-19. Hal tersebut dipaparkan dalam rilis survei nasional yang bertajuk 'Sikap Publik Terhadap Vaksin dan Program Vaksin Pemerintah'.
 
Survei tersebut melibatkan 1.200 responden yang diwawancarai melalui sambungan telepon. Dari jumlah responden tersebut, ditemukan bahwa pada Juni 2021, masih ada 3,9 persen responden yang tidak mengetahui sama sekali tentang Covid-19.
 
Kemudian, 29,3 persen hanya mengetahui sedikit tentang Covid-19. Lalu sisanya, atau sekira 66,5 persen sudah tahu dan sangat mengetahui tentang Covid-19. 

 


“Secara umum pengetahuan masyarakat tentang Covid-19 ini, mayoritas merasa mengetahui tentang Covid-19, ada 66,5 persen. Tetapi yang merasa tahu sedikit pada Juni 2021 ini di kisaran sekira 33 persen,” kata Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis survei virtual, Minggu (18/7/2021).
 
Angka tersebut, kata dia, cenderung meningkat jika dibandingkan dengan data enam bulan sebelumnya yakni Desember 2020. 
“Ini berarti masyarakat merasa pengetahuannya meningkat selama enam bulan terakhir, dari Desember 2020 sampai dengan Juni 2021,” ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof dr, Amin Soebandrio PhD, SpMK, turut menyoroti temuan tersebut. Dia mengaku heran bahwa sudah satu tahun pandemi berlalu, tetapi masih ada yang tidak mengetahui tentang Covid-19.
 
“Mereka yang dijadikan responden adalah mereka yang bisa dihubungi melalui handphone. Saya bertanya-tanya, kalau mereka punya handphone, kok masih ada ya, 4 persen yang sama sekali tidak mengetahui bahwa ada Covid-19? Kalau benar adanya seperti itu, maka ini tentu menjadi PR buat kita semuanya, tidak hanya Satgas, tidak hanya Kemkes, tetapi kita semuanya,” ujarnya.

Editor : Andre Purwanto