Miris! Wanita Ini Tak Memiliki Kewarganegaraan, Gegara sang Ibu yang TKI Meninggalkannya di Malaysia

Ayuningtyas Notomihardjo
Senin 17 Januari 2022 23:30 WIB
Miris! Wanita Ini Tak Memiliki Kewarganegaraan, Gegara sang Ibu yang TKI Meninggalkannya di Malaysia
Wanita ini selama 22 tahun tak miliki identitas kewarganegaraan lantaran sang ibu yang TKI meninggalkannya di Malaysia. (Foto: celebrities.YouTube Harian Metro))

JAKARTA, celebrities.id - Seorang anak perempuan bernama Rohana Abdullah, sudah 22 tahun tidak memiliki satupun dokumen kewarganegaraan. Bahkan, status dirinya lahir dan besar belum jelas. Sebab dia diasuh oleh ibu angkat bernama Chee Hoi Lan sejak kecil yang dititipkan orangtua Rohana.

Rohana sendiri, hingga kini belum memiliki status kewarganegaraan. Seperti yang sudah disebutkan, sejak kecil dia terpisah dari orangtuanya. Pada saat itu, usia Rohana masih 2 bulan, dititipkan oleh ibunya yang katanya pulang ke Indonesia.

"Bila saya pikirkan dunia ini tidak adil, bukan salah saya. Mengapa bila ayah emak salah, mengapa saya yang harus kena tanggung. Saya cuma ingin meneruskan hidup sebagai anak. Saya ingin sekolah, tapi terpaksa harus berhenti karena tak ada dokumen,” kata Rohana, mengutip dari Youtube Channel Harian Metro, Senin (17/1/2022).

Dalam video itu, Rohana juga menceritakan selama 22 tahun dia telah ditinggalkan ibunya seorang diri di sebuah taman kanak-kanak di Malaysia. Taman kanak-kanak itu merupakan tempat ibunya, Chee bekerja sebagai petugas kebersihan.

Saat itu, ada seorang guru TK berdarah Tionghoa yang mau merawatnya hingga besar saat ini menginjak usia 22 tahun. Guru TK itu bernama Chee Hoi Lan.

Chee merawat Rohana selayaknya anak sendiri. Bahkan meski bukan seorang muslim, wanita yang kini menjajaki usia 83 tahun itu menyekolahkan Rohana di Kelas Dasar Fardu Ain (Kafa).ย 

Kafa sendiri yaitu sekolah dasar Islam di Malaysia. Dengan menggunakan uang Chee sendiri, dia berhasil menyekolahkan Rohana agar mengenal Islam.

"Saya sayangkan dia seperti anak sendiri. Sejak kecil, saya pastikan dia makan makanan halal dan melakukan ibadat sebagai seorang Muslim hingga hari ini," kata Chee dalam video.

Saat ini Chee setia menemani Rohana berjuang untuk mendapatkan status identitas kewarganegaraan. Sebab, Chee ingin sebelum meninggal, dapat melihat Rohana bahagia, belajar, menikah, dan bekerja seperti gadis lainnya.โ€จ

ย 

1
/
2