Miss V Terasa Gatal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Alifia Furaida Salsabila
Selasa 13 September 2022 17:37 WIB
Miss V Terasa Gatal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Penyebab Miss V terasa gatal bisa dipicu oleh banyak faktor. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Penyebab Miss V atau vagina terasa gatal bisa dipicu oleh banyak faktor. Kondisi bagian organ intim terasa panas, gatal, dan iritasi bisa disebabkan karena infeksi jamur hingga bakteri. 

Meski merupakan hal yang umum, namun vagina terasa gatal harus segera diatasi. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, infeksi jamur dan bakteri pada vagina yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius. 

Penyebab Miss V Gatal, Terasa Panas Hingga Iritasi

Saat Miss V terasa gatal, panas hingga iritasi kamu harus cukup waspada karena kemungkinan itu adalah gejala infeksi pada Miss V atau vagina. Dikutip dari Healthline, ada beberapa penyebab utama mengapa area Miss V terasa gatal, panas dan iritasi, diantaranya:

1. Vaginosis Bakteri

Keberadaan bakteri sehat dalam Miss V adalah yang normal dan wajar. Namun jika yang bertumbuh adalah bakteri jahat, maka bisa mengakibatkan infeksi pada vagina. Tidak hanya menimbulkan rasa gatal saja, vaginosis bakteri jahat akan menyebabkan peradangan, rasa terbakar, keputihan dan bau amis pada Miss V.

2. Infeksi Jamur

Infeksi jamur pada Miss V bisa menyerang setiap wanita dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Penyebab lain infeksi jamur bisa terjadi saat wanita sedang hamil dan berhubungan seksual. Infeksi jamur akan membuat Miss V terasa gatal dan menghasilkan cairan yang berwarna putih.

3. Berhentinya Masa Haid atau Menopause

Di umur tertentu wanita akan berhenti mengalami masa reproduksi, sehingga tidak lagi menstruasi. Hal tersebut bisa menjadi penyebab adanya rasa gatal dan iritasi pada vagina karena dinding vagina yang mengering dan menipis.

 

1
/
3
PERINGATAN
Konten Dewasa
 Celebrities ID
Konten ini hanya diperuntukkan bagi Anda yang telah berusia 18 tahun ke atas. Jika belum cukup umur Anda dilarang untuk membuka halaman ini.
Apakah Anda telah berusia 18 tahun ke atas?