Inilah 5 Mitos Vs Fakta Orang Padang yang Wajib Kamu Harus Ketahui

Kevi Laras
Kamis 13 Januari 2022 14:30 WIB
Inilah 5 Mitos Vs Fakta Orang Padang yang Wajib Kamu Harus Ketahui
Mitos vs Fakta Orang Padang. (Foto: Budaya-Indonesia)

JAKARTA, celebrities.id - Mitos Vs fakta orang Padang perlu diketahui agar tidak muncul stigma. Pada umumnya begitu mendengar kata Padang orang langsung berpikir tentang makanan enak yaitu rendang dan penduduknya dikenal cerewet dan bersih warna kulitnya. Perlu diketahui penduduk Padang sebagian besar berasal dari etnis Minangkabau.

Etnis lain yang juga bermukim di sini adalah Jawa, Tionghoa, Nias, Mentawai, Batak, Aceh, dan Tamil. Orang Minang di Kota Padang merupakan perantau dari daerah lainnya dalam Provinsi Sumatra Barat. Mayoritas penduduk Kota Padang memeluk agama Islam. Kebanyakan pemeluknya adalah orang Minangkabau.
 
Selain itu ada beberapa mitos vs fakta orang Padang yang ada dalam kehidupan bermasyarakat, sebagaimana dirangkum oleh celebrities dari berbagai sumber, Kamis (13/1/2022):

1. Orang Padang Cerewet

Umumnya sebagian besar watak orang Sumatera adalah keras dan tegas, tidak suka bertele-tele itulah prinsip yang dipegang kebanyakan orang Padang. Terlihat jika berbicara apa adanya hal tersebut terbentuk karena proses kehidupan yang dilalui membentuk pribadi yang tegas. 

Jadi jangan sampai salah paham menangkap ketegasan sebagai suatu sikap yang kasar dan bicara apa adanya atau to the point itu cerewet.

2. Orang Padang Dikenal Perantau

Sebagian besar orang Minang gemar merantau, hal ini dikarenakan beberapa faktor salah satunya faktor ekonomi, minimnya lapangan pekerjaan. Salah satu profesi yang dikenal sebagai ciri khas orang Padang yaitu berdagang. 

Di sisi lain karakter yang tegas dan to the point menjadi keahlian yang menunjang dalam berwirausaha. 

3. Orang Padang Pelit

Stigma negatif orang Padang itu pelit, sudah lama berkembang di masyarakat Indonesia. Dugaan itu  tidak sepenuhnya betul, mungkin ada sebagian orang yang memang pelit namun tidak semua orang bersuku minang pelit.

Melihat karakter bawaannya yang umumnya tegas, memperlihatkan orang Minang adalah orang yang selektif termasuk dalam menggunakan uang. Ditambah sebagian besar mereka adalah pedagang maka mereka akan menghitung terlebih dahulu.

Orang Padang (Minang) mempunyai rasa sosial yang tinggi, mereka yang sudah sukses biasanya tidak ragu-ragu memberi modal udaha kepada keluarga masih kekurangan sedang menganggur.

 

1
/
2