MNC Life dan RSIA Jakarta Berkolaborasi dalam Instagram Live Bertajuk Manfaat Berolahraga untuk Kesehatan Reproduksi

Icon CameraMNC Media
Rabu 23 November 2022 14:00 WIB
MNC Life dan RSIA Jakarta Berkolaborasi dalam Instagram Live Bertajuk Manfaat Berolahraga untuk Kesehatan Reproduksi
Manfaat olahraga untuk kesehatan reproduksi. (Foto: celebrities.id/MNC)

JAKARTA, celebrities.id - MNC Life bekerja sama dengan Rumah Sakit Ibu & Anak Bunda ( RSIA ) Jakarta mengadakan Instagram Live bersama dengan topik Manfaat Berolahraga Untuk Kesehatan Reproduksi pada Jumat 18 November 2022, Pembukaan acara Instagram Live ini dihadiri oleh Septika Helena selaku Head Of Marketing Communication dan dr. Merry Amelia Sp.OG sebagai speaker.

Dalam obrolan IG Livenya, Septika Helena membuka dengan menjelaskan terlebih dahulu bahwa rendah dari tingkat kematian pada organ reproduksi dapat mengganggu fertilitas yang sering kali dipandang sebelah mata. Gangguan pada reproduksi dapat menyebabkan morbiditas dan penurunan kualitas hidup, maka dari itu sudah harus disadari sejak dini dengan cara berolahraga agar kualitas hidup semakin membaik.

“dok, kira-kira bagaimana sih bisa disebut sebagai reproduksi yang sehat? Kebanyakan dari orang-orang merasa sehat karena memiliki banyak anak, mungkin dari dokter Merry bisa menjelaskan sedikit kondisi dari reproduksi yang sehat?” tanya Septika.

dr. Merry menjelaskan “kalau ditanya soal kondisi reproduksi (subur atau tidak ya) sebenarnya engga itu saja, karena organ reproduksi kita tidak hanya sebagai organ kesuburan. Jadi, bukan berarti orang yang sudah menikah dan hamil dapat dikatakan sehat”. Jelas dr. Merry. 

Beliau menambahkan, karena organ reproduksi itu ada bagian-bagian lainnya. Dengan contoh, di perempuan terdapat rahim, indung telur, payudara yang semua bekerja secara simultan dan berpengaruh pada hormon. Bisa saja sebelumnya tidak ada riwayat miom atau kista, tetapi seiring berjalan waktu bisa saja muncul itu semua. 

Secara umum bisa dibilang sehat, dengan contoh pada pria mampu melakukan ejakulasi dan menghasilkan sperma yang baik kemudian dapat menghasilkan keturunan. Tetapi, bisa juga organ reproduksi pria bermasalah, contohnya hermia, penyakit prostat, kemudian ada juga gangguan pada saluran pengeluaran sperma. itu semua tidak hanya di cek secara kasat mata, sangat diperlukan bantuan khusus medis. Untuk perempuan sendiri, dapat diketahui sehat atau tidaknya minimal dengan teraturnya datang bulan. Jika diperiksa USG didapatkan indung telur baik-baik saja dan tentunya mampu membuat adanya kehamilan.

“Nah kalau dari dokter sudah menjelaskan tentang kesuburan dan kondisi-kondisi dari reproduksi tersebut, bisa dijelaskan sedikit dok apa ajah si yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan olahraga apa saja untuk meningkatkan kualitas dari reproduksi itu sendiri?”

 

1
/
2