Mobil Jarang Dipakai, Oli Mesin Tetap Harus Diganti Lho!

Fikri Kurniawan
Sabtu 28 Agustus 2021 20:52 WIB
Mobil Jarang Dipakai, Oli Mesin Tetap Harus Diganti Lho!
Mobil jarang dipakai, oli harus tetap diganti. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Meski jarang digunakan selama PPKM, tetapi pemilik kendaraan harus mengerti bahwa mobil harus tetap dirawat secara mandiri di rumah. Tujuannya agar kondisinya tetap prima. Salah satu komponen yang harus rutin dicek dan dilakukan penggantian adalah oli mesin.

Oli mesin harus tetap diganti sesuai dengan waktu yang tercantum dalam buku manual kendaraan. Hal tersebut disebabkan oli mesin mempunyai manfaat yang sangat penting bagi kendaraan.

Berikut 4 alasan oli mesin tetap harus diganti meski mobil jarang dipakai, dilansir dari laman Honda, Sabtu (28/8/2021).

1. Mengurangi gesekanย 

Mesin kendaraan pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen yang bergerak dan saling bergesekan. Nah, disinilah oli memainkan peran untuk mengurangi efek gesekan tersebut agar mesin tidak bekerja terlalu keras.

Jika komponen mesin tidak mendapatkan cukup pelumasan, mesin akan cepat aus sehingga performa mobil akan menurun dan tidak optimal. Bahkan, mobil bisa mengalami turun mesin atau mogok jika oli tidak diganti secara berkala.

ย 

1
/
3
Topik Terkait