Mobil Listrik Mungil Buatan Indonesia Mejeng di PEVS 2022, Begini Penampakannya 

Tangguh Yudha
Rabu 27 Juli 2022 19:47 WIB
Mobil Listrik Mungil Buatan Indonesia Mejeng di PEVS 2022, Begini Penampakannya 
Mobil listrik mini buatan MAB bernama Metropod mejeng di ajang PEVS 2022. (Foto: celebrities.id//Tangguh)

JAKARTA, celebrities.id - Sederet kendaraan listrik hadir di pameran otomotif PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Tak terkecuali mobil listrik mini buatan PT. Mobil Anak Bangsa (MAB) yang merupakan perusahaan yang didirikan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

Berdasarkan pantauan, Rabu (27/7/2022), mobil listrik mini buatan MAB ini bernama Metropod. Mobil memiliki desain yang compact sehingga dapat digunakan secara maksimal sesuai dengan peruntukannya, yakni untuk digunakan di lingkungan pemukiman.

Metropod sendiri nantinya akan digunakan sebagai angkutan pengumpan dari lingkungan pemukiman ke tempat-tempat transportasi umum seperti halte bus atau stasiun kereta. Itu sebabnya mobil mini ini juga tidak memiliki kecepatan yang tinggi.

Metropod hanya melaju dengan kecepatan sekitar 40 km per jam. Dimensinya sendiri memiliki panjang 3,652 meter, lebar 1,525 meter, dan tinggi 2,175 meter. Meskipun kecil, Metropod mampu mengangkut hingga 9 orang penumpang.

Di atas kertas, Metropod memiliki spesifikasi berupa motor penggerak dengan daya maksimal 20 Kw yang mampu menghasilkan tenaga 27 Hp dan torsi 47 Nm. Mobil listrik mini ini juga dibekali baterai LiFePo 72 V dengan kapasitas 15.13 KwH.

Metropod sendiri dikembangkan oleh MAB dengan bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Metropod saat ini masih sebatas prototipe dan nantinya diharapkan bisa menjadi mobil pengangkut otonom.

Editor : Andre Purwanto