Mona Ratuliu Tanamkan Cinta Tanah Air pada Anak sejak Dini: Enggak Bisa Sekali Ngajarin

Lintang Tribuana
Rabu 17 Agustus 2022 18:58 WIB
Mona Ratuliu Tanamkan Cinta Tanah Air pada Anak sejak Dini: Enggak Bisa Sekali Ngajarin
Mona Ratuliu menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada anak-anaknya sejak dini. (Foto: Dok_Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Mona Ratuliu menanamkan rasa cinta Tanah Air kepada anak-anaknya sejak dini. Menurutnya, mengajarkan nasionalisme bukan hal sulit, melainkan hanya butuh proses.  

Karakter anak-anak, lanjutnya, memang belum bisa mencerna suatu hal secara instan. Cara membangkitkan kecintaan pada negara sendiri juga sebenarnya bisa dimulai dari hal sederhana.

"Kita enggak bisa sekali ngajarin, enggak bisa. Anak-anak kan memang bertahap. Kayak misalnya ngajak anak-anak kuliner makanan Indonesia, itu sebenarnya ngajarin cinta tanah air loh," kata Mona, ditemui MNC Portal di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (17/8/2022).

Proses Mona dan suami mendidik anak mencintai Tanah Air pun mulai terlihat dalam diri sang putri sulung, Mima Shafa. Dara 19 tahun ini mulai gemar mengenakan pakaian dengan unsur kain batik khas Indonesia.

"Mima tuh udah mulai suka batik. Punya bundanya udah mulai dipakai terus, senang berkain," ucap Mona.

Bintang sinetron 'Lupus Millenia' ini menilai bahwa didikan nasionalisme yang ditanamkan sejak dini, bisa jadi tumbuh setelah anak memasuki usia dewasa. Seperti yang dialami putri sulungnya.

"Itu mungkin proses dia dari kecil. Terus tumbuhnya enggak bisa langsung pas mereka kecil, bisa jadi pas mereka besar baru tumbuh cinta tanah air," kata Mona.

Kecintaan Mima pada kain batik ini juga tumbuh lantaran melihat orangtuanya yang hobi mengoleksi batik. Dia pun mulai mengulik penggunaan kain batik dan menyulapnya jadi gaya kekinian.

"Bunda sama Yanda suka banget ya punya batik, koleksinya banyak. Daripada dipakai pas kawinan doang, karena suka fashion, aku sekalian mix and match," kata Mima.

Editor : Andre Purwanto