Motor Listrik di India Ini Bisa Lari 200 Km per Jam, Ini Spesifikasinya

Icon CameraMuhamad Fadli Ramadan
Minggu 22 Januari 2023 19:05 WIB
Motor Listrik di India Ini Bisa Lari 200 Km per Jam, Ini Spesifikasinya
Motor Listrik keluaran India bisa lari hingga 200 km per jam. (Foto: celebrities.id/visordown)

JAKARTA, celebrities.id – Perusahaan otomotif di India bernama Ultravolette berhasil memproduksi motor listrik F99. Hal ini untuk mengikuti permintaan pasar setelah sukses memperkenalkan F77.

Dikutip Visordown pada Minggu (22/1/2023), ini bukan pertama kalinya Ultraviolette membangun motor listrik, mengingat sebelumya sudah meluncurkan F77 dengan bergaya streetfighter. Untuk model terbaru, F99 lebih ditujukan untuk penggunaan di trek.

Alasan utama Ultraviolette mengkhususkan F99 di trek tertutup, karena tenaga yang dihasilkannya dua kali lipat dar F77. Motor listrik ini memiliki tenaga 50 kW, yang setara dengan 65 hp, dan dapat melaju pada kecepatan tertinggi lebih dari 200 km per jam.

Namun, Ultraviolet tidak menyebutkan kapasitas baterai, opsi pengisian daya, torsi motor, atau bobot keseluruhan mesin. Tetapi, sasis yang digunakan pada dasarkan identik dengan F77, bahkan ukuran bannya juga serupa.

Sistem pengereman F99 memiliki fitur rem cakram hidrolik dengan sistem ABS Bosch saluran ganda pada rem depan dan belakang. Kaliper rem depan memiliki tipe 4 piston tetap radial, kaliper rem belakang menggunakan piston tunggal tipe kaliper mengambang.

Dalam laman resminya, F99 merupakan perpaduan dari dua dunia, yakni penerbangan dan balap. Ini dilakukan untuk membangun teknologi dan kemampuan sepeda motor listrik yang mendorong batas imajinasi.

Motor listrik F99 telah direkayasa untuk menghasilkan daya maksimum dari powertrain sambil memastikan semua pemeriksaan keselamatan yang diperlukan, menghasilkan output tenaga maksimal sebesar 65 BHP dan kecepatan tertinggi lebih dari 200km/jam

Berdasarkan pemantauan pada laman resmi Ultraviolette, memang belum dijelaskan secara detail mengenai spesifikasi F99. Namun, melihat platformnya yang serupa dengan F77, rasanya tepat untuk menggambarkannya dari yang ada pada pendahulunya.

Ultraviolette F77 versi Limited menghasilkan torsi 100 Nm dan ditenagai oleh baterai berkapasitas 10.3 kWh. Versi standar dari street legal F77 dapat menempuh jarak 176 kilometer dengan berat total 207 kilogram.

Motor listrik tersebut dapat dipacu hingga 156 km per jam dan untuk berakselerasi dari 0-60 km per jam hanya 2,9 detik. F77 dilengkapi denga rangka teralis dan pengaturan suspensi preliad-adjustble monoshock.

Namun, F99 adalah motor versi trek yang artinya bobot mesin harus lebih ringan dengan kelistrikan yang lebih sedikit dan penggunaan panel karbon. Dimensi motor juga akan berbeda karena kinerja F99 yang lebih tinggi mengingat ini untuk penggunaan di trek.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News