Motor Listrik Lebih Hemat dari Motor Konvensional, Ini Hitungannya

Wahyudi Aulia Siregar
Kamis 04 Agustus 2022 07:58 WIB
Motor Listrik Lebih Hemat dari Motor Konvensional, Ini Hitungannya
Motor listrik lebih hemat dari motor konvensional, begini perhitungannya. (Foto: MNC)

MEDAN, celebrities.id - Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk mendorong masyarakat meninggalkan kendaraan berbahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan ramah lingkungan bertenaga listrik. 

Tapi saat ini banyak masyarakat yang masih enggan beralih karena menilai kendaraan listrik lebih mahal dan rumit pemeliharaannya. Namun benarkah demikian? 

General Manager PT Perusahaan Listrii Negara (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Pandapotan Manurung, mengatakan kendaraan listrik merupakan kendaraan masa depan. Hal ini dikarenakan kendaraan listrik memiliki berbagai keunggulan dibandingkan kendaraan konvensional yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

Dengan satu liter bensin, kata Pandapotan, motor konvensional bisa berjalan sejauh 56 Р60 km. Sementara motor listrik hanya membutuhkan 3,5 kWh untuk menempuh jarak yang sama. 

"Jika harga kWh/Rp adalah 1.447, maka 3,5 kWh adalah Rp5,064,5, jauh lebih murah dibandingkan dengan harga satu liter pertamax yang saat ini di harga Rp12,750," kata Pandapotan, Kamis (4/8/2022). 

 

1
/
2