Motor Listrik vs Konvensional, Mana yang Lebih Irit?

Wahyudi Aulia Siregar
Rabu 03 Agustus 2022 23:01 WIB
Motor Listrik vs Konvensional, Mana yang Lebih Irit?
Motor listrik hanya membutuhkan 3,5 kWh untuk menempuh jarak 50-60 kilometer. (Foto: celebrities.id/Wahyudi)

MEDAN, celebrities.id - Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) untuk mendorong masyarakat meninggalkan kendaraan berbahan bakar fosil dan beralih ke kendaraan ramah lingkungan bertenaga listrik. 

Tapi, saat ini banyak masyarakat yang masih enggan beralih karena menilai kendaraan listrik lebih mahal dan rumit pemeliharaannya. Benarkah demikian? 

General Manager PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Pandapotan Manurung mengatakan kendaraan listrik merupakan kendaraan masa depan. Sebab, kendaraan listrik memiliki berbagai keunggulan dibandingkan kendaraan konvensional yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

Dengan satu liter bensin, kata Pandapotan, motor konvensional bisa berjalan sejauh 56 – 60 km. Sementara motor listrik hanya membutuhkan 3,5 kWh untuk menempuh jarak yang sama. 

"Jika harga kWh/Rp adalah Rp1.447, maka 3,5 kWh adalah Rp5.064,5. Jauh lebih murah dibandingkan dengan harga 1 liter pertamax yang saat ini di harga Rp12.750," kata Pandapotan, Rabu (3/8/2022). 

Efisiensi lainnya, kata Pandapotan, adalah biaya perawatan. Motor listrik diklaim minim biaya perawatan karena perangkat mesinnya yang minimalis. 

"Kendaraan ini juga responsif, ringan dan lebih stabil sehingga cocok untuk digunakan sehari-hari,” katanya. 

PLN, lanjut Pandapotan, kini tengah gencar mengkampanyekan penggunaan kendaraan listrik ini. Mereka juga terus menyediakan infrastruktur pendukung operasional kendaraan listrik, utamanya untuk stasiun pengisian baterai. 

"Saat ini ada 5 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terletak di Medan Kota, Medan City View, Tebing Tinggi, Parapat dan Berastagi. Tidak hanya itu, PLN juga telah membangun puluhan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) tersebar di berbagai daerah di Sumatera Utara," katanya.

Editor : Andre Purwanto