Motor, Mobil dan Bus Listrik Dapat Subsidi, Mulai Rp7 Juta

Icon CameraAdvenia Elisabeth
Kamis 09 Maret 2023 20:29 WIB
Motor, Mobil dan Bus Listrik Dapat Subsidi, Mulai Rp7 Juta
Pemerintah Berikan subsidi kendaraan listrik. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menegaskan bahwa subsidi tidak hanya diberikan untuk motor, juga mobil dan bus listrik

"Sudah diputuskan, motor, mobil, bus. Sudah di Menkeu sudah diputuskan (besarannya subsidinya). Bus juga sudah diputuskan," kata Agus saat ditemui di acara IFEX 2023 di JIEXPO Kemayoran, Kamis (9/3/2023). 

Asal tahu saja, sebelumnya pemerintah sudah mengumumkan besaran subsidi kendaraan listrik, namun yang dibeberkan hanya motor listrik yakni Rp7 juta untuk setiap unit baru maupun konversi.

Pemberian subsidi untuk motor listrik dialokasikan untuk 200 ribu motor listrik baru dan 50 ribu unit motor konversi. Sedangkan untuk mobil dan bus, Menperin Agus belum menerangkan lebih rinci terkait skema dan besarannya.

"Mobil sama bus penerima beda dengan skema yang kita siapkan untuk motor. Tanggal 20 Maret kita luncurkan. Untuk semua (mobil, motor, bus listrik)," tuturnya. 

Sebagai informasi, pemerintah sudah mengumumkan bahwa insentif kendaraan listrik akan diberikan mulai 20 Maret 2023 mendatang. 

Menperin Agus menilai, pemberian insentif ini sudah tepat untuk percepatan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. 

"Ini momentum yang paling baik. Kita kejar-kejaran dengan negara yang tadi disampaikan Pak Menko, salah satunya Thailand. Pak Presiden sudah memberikan arahan apa yang dilakukan Thailand, kita harus juga bisa berikan," ujarnya belum lama ini.

Agus menuturkan, bantuan diberikan semata untuk menarik investasi masuk ke Indonesia. Dia menyebut banyak potensi dari produsen kendaraan listrik (EV) yang ingin digaet.

Pasalnya, pemerintah ingin agar produsen kendaraan listrik di dalam negeri nantinya juga memiliki fasilitas di Indonesia serta memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) tinggi.

"Kami percaya program ini akan membuat mereka semakin tertarik karena pada dasarnya bantuan pemerintah untuk belanja EV salah satu prinsipnya adalah dia paling tidak harus mempunyai fasilitas produksi di Indonesia dan akan ditingkatkan fasenya sampai ke TKDN," katanya.

Editor : Hadits Abdillah

Follow Berita Celebrities di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.