MRT Targetkan 70 Ribu Penumpang per Hari, PPKM Dicabut

Icon CameraHeri Purnomo
Kamis 26 Januari 2023 07:20 WIB
MRT Targetkan 70 Ribu Penumpang per Hari, PPKM Dicabut
MRT targetkan rata-rata penumpang 70 ribu orang per hari. (Foto: celebrities.id/Instagram @mrtjkt)

JAKARTA, celebrities.id - Memasuki 2023, PT MRT Jakarta (Perseroda) menargetkan adanya peningkatan jumlah penumpang harian, yakni rata-rata 70 ribu orang. Artinya, setidaknya perlu ada penambahan hingga 17 ribu penumpang dibandingkan tahun lalu yang mencapai 53 ribu orang.

"Tahun ini target kami, diminta oleh Pemprov DKI capai 70 ribu penumpang per hari," kata Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Muhammad Effendi dalam acara Forum Jurnalis MRT di Jakarta, Rabu (25/1/2023). 

Meski ditarget 70 penumpang per hari, Effendi mengatakan pihaknya optimistis bahwa hal tersebut dapat tercapai. Pasalnya, kini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dicabut oleh pemerintah. 

"Kalau tidak ada gangguan berarti, kami yakin bisa tercapai," ucapnya. 

Sementara, untuk mencapai target tersebut Effendi juga meminta kepada Kementerian Perhubungan untuk menghapus pembatas kuota penumpang pada moda transportasi MRT Jakarta. 

Berdasarkan data sementara, jumlah penumpang harian MRT pada Januari juga telah mencapai rata-rata 83.617 orang dengan catatan tertinggi sebanyak 103.110 pada 6 Januari 2023 saat ada event berlaga di GBK

Effendi mengatakan kedepannya, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan berbagai pihak yang yang berdekatan dengan Stasiun-Stasiun MRT, salah satunya GBK. 

"Kita bekerjasama lagi demga gedung di dekat stasiun, mall dan GBK. Kita minta event tahunan mereka itu seperti apa. Kita bantu promosikan. Dan itu akan terbantu bagi mereka juga terkait dengan pengaman mereka yang terlalu masif. Kalo setiap orang bawa mobil repot mereka," ujarnya. 

Adapun sepanjang 2022, MRT berhasil mencatatkan jumlah penumpang rata-rata per hari 53 ribu orang atau melebihi target yang ditetapkan sebesar 50 ribu orang. Realisasi penumpang harian 2022 meningkat signifikan dibandingkan 2021 sebesar 19.659 penumpang per hari.

Editor : Lisvi Padlilah

Follow Berita Celebrities di Google News