Mulai Besok Beli Solar Bersubsidi di Sukabumi Wajib Menggunakan QR Code, Bakal Diuji Coba di 122 Kota di Indonesia

Icon CameraDharmawan Hadi
Rabu 25 Januari 2023 21:18 WIB
Mulai Besok Beli Solar Bersubsidi di Sukabumi Wajib Menggunakan QR Code, Bakal Diuji Coba di 122 Kota di Indonesia
Mulai Besok Beli Solar Bersubsidi di Sukabumi Wajib Menggunakan QR Code, Bakal Diuji Coba di 122 Kota di Indonesia. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

SUKABUMI, celebrities.id - Wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi mewajibkan masyarakat menggunakan QR Code dari aplikasi Mypertamina untuk membeli solar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan kuota maksimum pembelian Jenis BBM Tertentu (JBT) atau bahan bakar bersubsidi. Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan mengatakan uji coba fuel cycle bagi pembelian solar subsidi, sengaja dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah agar pendistribusian BBM dapat tepat sasaran.

"Besok 26 Januari 2023 di Kabupaten dan Kota Sukabumi maupun Kabupaten Cianjur, kita telah menerapkan uji coba fuel cycle subsidi tepat. Artinya untuk kendaraan yang pengguna BBM subsidi jenis solar JBT akan mulai transaksinya menggunakan QR Code," ujar Eko kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (25/1/2023).

Namun demikian, bukan berarti masyarakat yang belum melakukan pendaftaran tidak akan dilayani di SPBU, akan tetap dilayani hanya saja, ada pembatasan kuota 20 liter per hari. Berbeda dengan masyarakat yang sudah mendaftar akan mendapatkan kuota maksimum harian pembelian solar bersubsidi.

"Kalau untuk penerapan mengikuti dari SK BPH Migas, kuota pembelian harian untuk kendaraan pribadi 60 liter, angkutan umum atau angkutan barang 80 liter, dan angkutan barang enam roda lebih, sebanyak 200 liter per harinya. Bukan hanya di Kota dan Kabupaten Sukabumi, uji coba juga akan dilakukan di 120 kota di Indonesia," ujar Eko.

Sementara itu Sales Branch Manager PT Pertamina Sukabumi, Andi Arifin mengatakan, digitalisasi pembelian solar bersubsidi ini bertujuan agar subsidi pemerintah tepat sasaran. Selain itu juga untuk membatasi kejahatan pembelian BBM bersubsidi yang sering terjadi di wilayah Sukabumi.

"Kita semua pada tahu, beberapa kali polisi mengungkap penyalahgunaan pembelian solar bersubsidi dengan modus kendaraan yang dimodifikasi memuat tangki dalam kendaraannya hingga menampung ribuan liter solar bersubsidi dan menjualnya dengan harga non subsidi," ujar Andi.

Dengan adanya digitalisasi ini, lanjut Andi, kejadian serupa tidak akan terjadi kembali. Untuk itu kami menganjurkan kepada masyarakat untuk segera mendaftar di mypertamina, karena prosesnya mudah dan cepat. Jika mendapatkan kendala petugas di SPBU dapat membantu mendaftarkannya.

Editor : Leonardus Selwyn Kangsaputra

Follow Berita Celebrities di Google News

Topik Terkait