Muncul Wacana PTM Ditunda karena Hepatitis Akut Misterius, Ini Tanggapan IDAI  

MNC Portal
Minggu 08 Mei 2022 08:06 WIB
Muncul Wacana PTM Ditunda karena Hepatitis Akut Misterius, Ini Tanggapan IDAI  
Muncul wacana tunda PTM karena Hepatitis akut misterius. (Foto: Dok_Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Dunia tengah dihebohkan adanya penyakit Hepatitis akut yang menyerang anak-anak. Pun demikian di Indonesia, khsusnya pasca meninggalnya tiga anak yang diduga karena Hepatitis akut pada akhir April lalu. Sebagai kewaspadaan, muncul asumsi publik mengenai pembelajaran tatap muka (PTM) akan diberhentikan.

Mengetahui hal tersebut, Dr. dr. Muzal Kadim, SpA(K), Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) memberikan tanggapan.  Menurutnya, kebijakan pemberhentian PTM belum pasti. Sebab Hepatitis akut misterius tersebut pun belum dapat dipastikan sudah masuk ke Indonesia atau belum.

"Karena tidak tahu dalam perkembangan lebih lanjut karena saat ini kita masih dalam tahap investigasi," kata Dr. Muzal dalam Zoom Meeting, Sabtu (7/5/2022).

Dia mengatakan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) belum bisa memberikan keputusan atau rekomendasi soal PTM ditunda sementara. Ketiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta dengan dugaan Hepatitis Akut, belum diketahui penyebabnya meninggal dunia. 

Karena itu, dia menyarankan agar masyarakat menunggu hasil investigasi dan perkembangan soal Hepatitis akut misterius ini. "Sampai saat ini belum ada keputusan idai. untuk menyarankan ptM itu (diberhentikan dalam waktu tertentu)," ucap Dr. Nuzal.

"Apakah benar-benar sudah ada kasusnya masuk ke indonesia? Atau memang itu kasus-kasus yang sporadis (penyakit jarang atau tidak teratur dan di daerah-daerah tertentu). Jadi kita belum memutuskan itu," kata Dokter Muzal.

 

1
/
2