Musim Hujan Telah Tiba, Begini 6 Cara Merawat Jas Hujan

Bertold Ananda
Selasa 21 Desember 2021 21:28 WIB
Musim Hujan Telah Tiba, Begini 6 Cara Merawat Jas Hujan
Merawat jas hujan di musim hujan. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Memasuki musim penghujan pada akhir tahun ini, para pengendara motor sebaiknya menyiapkan jas hujan. Tujuan untuk menghindari tubuh basah kuyup.

Namun pada dasarnya, Anda tidak hanya mempersiapkan jas hujan saja, juga merawatnya supaya tetap awet dan berfungsi dengan normal. Merawat jas hujan tidak boleh asal sembarangan. Terdapat berbagai cara yang harus diketahui. 

Merangkum dari beberapa sumber, Selasa (21/12/2021), berikut enam cara merawat jas hujan:

1. Bersihkan pakai kain halus sesudah digunakan

Tips pertama yang dapat Anda lakukan yakni dengan membilasnya dengan segera saat jas hujan telah terpakai. Gunanya untuk merontokan kotoran seperti cipratan air hujan dan membuat jas hujan kembali menjadi bersih.  Pastikan tidak ada kotoran yang tertinggal  serta angin-anginkan supaya tidak ada air tertinggal pada celah jas hujan.

2. Jangan gunakan deterjen

Perlu Anda ketahui banyak pemilik kendaraan salah kaprah mencuci jas hujan dengan menggunakan deterjen. Alih-alih membuat jas hujan bersih maksimal, malah justru akan merusak bahan dari jas hujan itu sendiri. Pasalnya, deterjen mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kualitas bahan jas hujan. Maka dari itu cukup dibilas dengan air dan keringkan.

3. Keringkan di tempat teduh tanpa sinar matahari langsung

Terdapat dua cara mengeringkan jas hujan yang basah. Pertama, Anda dapat angin-anginkan jas hujan supaya air dapat hilang dan tidak mengendap ke celah jas hujan. Kedua, Anda dapat mengeringkannya menggunakan kanebo atau microfiber dan menaruhnya ke tempat teduh. Hindari mengeringkan  langsung pada sinar matahari. Itu akan membuat bahan jas hujan menjadi rusak bahkan luntur.

 

1
/
2