Nakes Dapat Dosis Vaksin Ketiga, Satgas Covid-19: Masyarakat Cukup Dua 

Jonathan Nalom Simanjuntak
Kamis 15 Juli 2021 18:39 WIB
Jutaan tenaga kesehatan akan menerima suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19. (Foto: celebrities.id/Ilustrasi)

JAKARTA, celebrities.id - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito, menegaskan masyarakat cukup hanya menerima dua dosis suntikan vaksin Covid-18. Hal tersebut lantaran penyuntikan dua dosis vaksin sudah dapat membentuk kekebalan tubuh.

“Secara umum, dua kali dosis vaksin sudah cukup untuk masyarakat umum, untuk membentuk kekebalan individu. Karena studi ilmiah menunjukkan rata-rata antibodi pada populasi bisa bertahan bulanan dan tahunan,” kata Prof Wiku dalam konferensi pers daring, Kamis (15/07/2021)

Wiku juga tidak menampik banyaknya varian virus Covid-19 yang mengganggu efektivitas dari vaksin. Namun, Wiku berpegang kepada WHO yang mengatakan, penggunaan vaksin untuk meminimalisir adanya gejala yang ditimbulkan.

“Kejadian kemunculan kasus positif setelah divaksinasi nyatanya juga telah ditelaah, salah satu studi dari 1,8 juta genom virus Covid-19 dari 183 negara di dunia, menyatakan bahwa pasien yang sudah divaksinasi dan positif memperlihatkan adanya penurunan mutasi yang terjadi,” ujarnya.

 

1
/
2