10 Nama Fandom KPop Terbaik Beserta Artinya, Punya Makna Luar Biasa dan Indah!

Abdul Razak
Jumat 08 Oktober 2021 15:52 WIB
10 Nama Fandom KPop Terbaik Beserta Artinya, Punya Makna Luar Biasa dan Indah!
Nama Fandom Kpop. (Foto: celebrities.id/starbiz.net)

SEOUL, celebrities.id - Nama fandom KPop merupakan sesuatu hal yang wajib ada bagi setiap girl band atau boy band, bahkan solois juga memiliki nama fandom-nya masing-masing. Adapun nama fandom ini sebagai identitas bagi seorang penggemar terhadap idol favoritnya.

Untuk pemilihan nama fandom Kpop sendiri, biasanya ditentukan oleh agensi atau idolnya sendiri. Namun, tak sedikit juga yang melibatkan penggemar untuk mencari nama fandom yang tepat untuk mereka sendiri. Adapun pemilihan nama fandom ini harus benar-benar menggambarkan keterikatan antara idol dan penggemar.

Beberapa di antaranya memiliki nama fandom yang unik dan memiliki arti yang patut diapresiasi. Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021), berikut 10 nama fandom KPop terbaik asal Negeri Gingseng.

1. Army, BTS

BTS merupakan salah satu idol boy band yang kini tengah naik daun di dunia KPopers. Grup ini memiliki banyak penggemar yang dikenal sebagai Army. Adapun kepanjangan Army ini adalah Adorable Respresentative M.C for Youth. Jika diterjemahkan dalam bahasa Inggris, maka arti Army adalah tentara.

2. NCTzen NCT

NCT adalah boy band asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan SM Entertaiment. NCT memiliki banyak penggemar, tak hanya di Korea saja, tapi di dunia, termasuk di Indonesia. Adapun penggemar NCT ini dipangil NCTzen yang berarti fan dunia NCT, dengan harapan selalu berhubungan dekat dengan mereka dan selalu ada untuk NCT.

3. Neverland, (G)I-DLE

Girl band (G)I-DLE memilih Neverland sebagai nama fandom untuk penggemar mereka. Neverland sendiri merupakan tempat imajinasi di Peter Pan, yang mana orang-orang tidak berubah dan hidup sebagai anak-anak sepanjang hidupnya, sehingga berarti akan selalu bersama penggemarnya untuk waktu yang lama dan tidak berubah.

4. Moomoos, Mamamoo

Untuk Mamamoo sendiri memilih nama fandom mereka dengan sebutan Moomoos, uniknya jika diartikan dalam bahasa Korea, maka arti dari Moo adalah lobak. Mereka memilih nama fandom itu semirip mungkin dengan nama girl band mereka, yakni Mamamoo. Selain itu, lightstick resmi mereka juga terlihat sayur lobak.

5. EXO, EXO-L

EXO pertama kali debut pada tahun 2011 dan mereka memiliki sub-unit lagi yakni EXO-K dan EXO-M. Diantaranya bernyanyi dalam bahasa Korea dan juga Mandarin. EXO kemudian memilih nama fandom mereka EXO-L, karena huruf L berada di tengah K dan M. Jadi, bisa dikatakan, penggemarnya selalu ada di tengah-tengah mereka, selain itu L juga berarti Love atau cinta.

6. Shawol, SHINee

SHINee pernah berjaya pada masanya dengan mendulang kepopularitasan yang luar biasa di awal debutnya, yakni 2008 lalu. Mereka juga mendapat sambutan luar biasa baik di dalam negeri dan luar negeri. Menariknya, mereka memilih nama penggemarnya yakni Shawol yang berarti SHINee dan World.

7. Sone, Girls Generation

Girl group yang awalnya berisikan sembilan orang ini pernah mendulang prestasi di awal karirnya sebagai idol. Bahkan, mereka juga dinobatkan sebagai idol nasional Korea Selatan untuk penggemarnya. Dalam hal penggemar sendiri, Girls Generation memberi mereka sebutan SONE yang berarti harapan.

8. ELF, Super Junior

Siapa yang tidak mengenal Super Junior? Mereka merupakan salah satu boy band dari Korea Selatan yang berhasil mendulang kesuksesan luar biasa pada masanya. Debut pada 2005, Super Junior memberikan nama penggemar mereka dengan sebutan ELF yang berarti Ever Lasting Friends, yakni selamanya akan menjadi teman.

9. MY, aespa

Girl group yang dinaungi oleh SM Entertaiment ini baru saja debut pada 2020 lalu dengan lagu Black Mamba. Nama mereka pun bersinar dalam sekejab dan disambut baik oleh para masyarakat. Sejak awal debut, aespa memiliki banyak penggemar baik di Korea Selatan dan luar negeri. 

aespa pun memilih menyebut penggemarnya itu MY yang berarti teman paling berharga. Hal ini diungkapkan oleh aespa saat melakukan siaran langsung.

10. Forever, Everglow

Everglow memulai debutnya sebagai girl band pada 2019 lalu. Sejak penampilan mereka ke publik, mereka disambut baik oleh masyarakat. Tak heran, penggemar dari girl band besutan Stone Music Entertaiment ini memiliki banyak penggemar.

Mereka pun memilih nama fandomnya Forever yang berarti selamanya. Nama penggemarnya itu diumumkan Everglow beberapa jam setelah comeback dengan lagu Adios. Adapun arti Forever itu, baik Everglow atau penggemar selalu ada selamanya bersama.

Editor : Simon Iqbal Fahlevi