8 Nama Fase Bulan dan Penjelasannya, Perhatikan Bentuknya

Icon CameraBertold Ananda
Senin 21 November 2022 16:34 WIB
8 Nama Fase Bulan dan Penjelasannya, Perhatikan Bentuknya
Nama fase bulan dan penjelasannya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Nama fase bulan dan penjelasannya dapat menambah ilmu pengetahuan kita untuk mengidentifikasi fase bulan dalam satu kala revolusi.

Fase bulan merupakan bentuk perubahan yang dialami pada bulan dari waktu ke waktu. Pada dasarnya bulan memang berbentuk bulat. Namun perubahan bentuk yang terjadi diakibatkan oleh posisi bulan di orbitnya terhadap bumi dan posisi bumi pada orbitnya terhadap Matahari.

Ada delapan fase bulan yang perlu kamu ketahui. Apa saja kira-kira? 

Berikut celebrities.id merangkum dari beberapa sumber, Senin (21/11/2022), terkait nama fase bulan dan penjelasannya.

Nama Fase Bulan dan Penjelasannya

1. Bulan Baru (New Moon)

Fase bulan pertama kamu bisa melihat dengan mata telanjang bahwa bulan akan terlihat sangat gelap. Hal itu disebabkan karena pada fase ini bulan tertutup dan berada di antara Bumi dan Matahari. Oleh karena itu bulan tidak dapat memaksimalkan cahayanya.

2. Bulan Sabit Awal (Waxing Crescent)

Fase kedua yang akan dialami yakni fase bulan sabit awal. Fase satu ini secara fisik bulan akan bersinar dari sisi kanan dan membentuk huruf C kecil. Fase tersebut bisa terjadi karena pergerakan bulan yang mulai bergerak untuk mengelilingi bumi. Oleh sebab efeknya sinar yang ditampakkan sangat sedikit karena hanya mendapat sedikit cahaya dari matahari.

3. Kuartal Pertama (First Quarter)

Fase ketiga yang akan dilewati oleh bulan yakni kuartal pertama. Pada bagian ini bulan mulai menampakkan cahayanya dan terlihat sangat bersinar. Hal ini dikarenakan bahwa pada kuartal pertama posisi bulan bulan berada pada sudut 90 derajat antara bumi dan matahari.

 

1
/
2