5 Nama Planet Baru yang Ditemukan, Miliki Kehidupan Layaknya Bumi?

Icon CameraBertold Ananda
Jumat 27 Mei 2022 13:22 WIB
5 Nama Planet Baru yang Ditemukan, Miliki Kehidupan Layaknya Bumi?
Nama planet baru yang ditemukan. (Foto: celebrites.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Baru-baru ini NASA (National Aeronautics and Space Administration) baru saja menemukan beberapa planet baru yang terdapat di tata surya. Planet baru tersebut terekam pada satelit dan cenderung menjadi pusat perhatian publik dunia.

Pasalnya temuan planet baru tersebut digadang-gadang memiliki kehidupan yang layak seperti di bumi. Kira-kira seperti apa temuan nama planet baru tersebut? Berikut Celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Rabu (18/05/2022) mengenai 5 nama planet baru yang ditemukan di sistem tata surya.

Nama Planet Baru yang Ditemukan 

1. Kepler-438b

Planet baru pertama yang ditemukan yaitu bernama Kepler-438b.  Planet tersebut ditemukan pertama kali oleh pesawat luar angkasa Kepler milik NASA.  Para ilmuan menganggap bahwa temuan planet ini terdapat unsur air yang berada tepat di permukaan ai. Tidak hanya itu saja para ilmuan juga berspekulasi bahwa planet ini dapat dihuni oleh manusia karena memiliki tingkat kemiripan dengan bumi sebesar 88 persen.

2. Tol 270-B

Planet baru kedua yang ditemukan yaitu Tol 270 b.  Planet satu ini diketahui memiliki ukuran yang jauh lebih besar dari pada bumi sebesar 25 persen. Namun sayangnya para peneliti mengungkapkan bahwa planet tersebut tidak bisa dihuni okleh manusa karena suhunya yang begitu panas karena jaraknya yang dekat dengan pusat tata surya yaitu matahari.

3. Proxima Centauri b

Planet ketiga yang ditemukan oleh NASA yaitu bernama Proxima Centauri b. seperti planet Tol 270 b bahwa tidak bisa dihuni oleh manusia karena jaraknya yang dekat dengan matahari dan bersuhu sangat panas. Namun secara ukuran planet Proxima Centauri b memiliki ukuran 87 persen menyerupai bumi

4. EPIC 201238110.02

Epic 201238110.02 merupakan planet baru selanjutnya yang ditemukan oleh NASA dan diklaim mirip dengan planet bumi. Jarak planet tersebut diperkirakan sekitar 522 tahun cahaya dari Bumi. Tidak hanya itu saja planet 522 tahun cahaya dari Bumi.

5. Trappist-1e

Planet kelima yang berhasil diabadikan oleh nasa yaitu Trappist-1e. Planet satu ini ditemukan sangat jauh dari pusat tata surya sekitar 40 tahun cahaya dari bumi. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa planet tersebut memiliki tingkat 95 persen  tempat yang layak hini seperti berada di planet bumi.*
 
 

 
 

Editor : Endang Oktaviyanti

Follow Berita Celebrities di Google News