16 Nama Rasi Bintang Keren dan Penjelasan Maknanya

Icon CameraIqbal Widiarko
Rabu 23 November 2022 12:23 WIB
16 Nama Rasi Bintang Keren dan Penjelasan Maknanya
Kumpulan nama rasi bintang keren. (Foto: Pixabay)

JAKARTA, celebrities.id - Nama rasi bintang keren dapat menambah wawasan kita terkait dengan ragam bintang yang ada di dunia. 

Rasi bintang diartikan sebagai sekumpulan bintang yang tampak membentuk pola atau gambar. Pola tersebut mudah dikenali dan membantu orang menyesuaikan diri menggunakan langit malam. 

Dalam astronomi berbeda dengan zodiak, sekelompok konstelasi yang berada di belakang jalur yang dilalui matahari, bulan dan planet melintasi langit, seperti yang terlihat dari bumi dinamakan zodiak. Sedangkan, rasi bintang termasuk ke dalam konstelasi yang dinamai menurut figur, hewan, dan objek dari mitologi Yunani meskipun banyak yang memiliki asal usul yang jauh lebih kuno.

Dilansir dari berbagai sumber, celebrities.id, Rabu (23/11/2022) telah merangkum nama rasi bintang keren, seperti berikut.

Nama Rasi Bintang Keren

Inilah beberapa nama rasi bintang keren yang dapat kamu simak, seperti yang dikutip dari laman Constellation Guide.

1. Andromeda

Andromeda merupakan salah satu rasi bintang Yunani. Andromeda menggambarkan putri Ratu Cassiopeia dan Raja Cepheus dalam mitologi Yunani. Andromeda dirantai dan ditinggalkan untuk dimakan oleh monster laut Cetus dan kemudian diselamatkan oleh Perseus yang kemudian dinikahinya.

Andromeda dikorbankan untuk Cetus untuk menenangkan para dewa dan menghentikan monster yang merusak tanahnya. Cetus dikirim oleh dewa Poseidon setelah Cassiopeia menyombongkan diri bahwa dia lebih cantik dari bidadari.

2. Apus

Apus merupakan Bahasa Yunani untuk tanpa kaki. Apus adalah burung cendrawasih resmi. Ironisnya, nama ini mengolok-olok kesalahpahaman peradaban barat tentang burung cendrawasih yang tidak berkaki.

3. Aquila

Konstelasi Aquila dihubungkan dengan elang yang menahan petir Zeus dalam mitologi Yunani, serta dengan elang yang menculik Ganymede dan membawanya ke Olympus.

 

1
/
3