Nasi Minyak Viral di TikTok, Ahli Ingatkan Bahayanya 

Icon CameraKevi Laras
Jumat 20 Januari 2023 07:02 WIB
Nasi Minyak Viral di TikTok, Ahli Ingatkan Bahayanya 
Bahaya makan nasi minyak yang viral di TikTok. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Konsumsi nasi minyak tengah viral di TikTok. Netizen pun penasaran untuk mencobanya. 

Namun, di tengah fenomena yang tengah viral ini, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Isman Firdaus, Sp.JP(K), FIHA mengingatkan dampak kesehatannya dan mengimbau untuk mengurangi porsi makanan tersebut. 

"Sebaiknya tidak makan nasi pakai minyak hindari, bukannya nggak boleh. Tapi kalau memang nggak bisa berhenti ya dikurangi. Minyak yang sehat masih bisa ditolerir yaitu minyak zaitun," ujar dr. Isman disela Keterangan Pers Terkait Mesin MSCT Scan di RSJ Harapan Kita, Jumat (20/1/2023). 

Sehubungan dengan nasi minyak, terlihat memang minyak goreng yang digunakan sudah pekat atau menghitam. Penampakannya seperti minyak jelantah, maupun minyak goreng yang digunakan secara berkali-kali, menurut dr. Isman bisa memicu kanker.  

Sekadar informasi, konsumsi minyak secara berlebihan dapat menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh. Di sisi lain, Dokter Spesialis Gizi dr. Yohan Samudra menyoroti penggunaan minyak goreng jelantah, ternyata masih diminati oleh masyarakat.  

Kemudian, sayur kol yang digoreng juga digemari, terbukti minimnya kesadaran atas dampak buruk bagi kesehatan. 

"Disayangkan ternyata masih banyak masyarakat yang mengikuti makanan-makanan yang viral tanpa menimbang baik dan buruknya terhadap kesehatan. Bahkan minyak jelantah yang harusnya dibuang malah dijual, laku pula," ucap dr. Yohan saat dihubungi MNC Portal.

Editor : Tia Ayunita

Follow Berita Celebrities di Google News