Niat Salat Boleh Diucapkan dengan Lantang? Begini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

Laras Dwi Sasmita
Sabtu 04 Desember 2021 05:29 WIB
Niat Salat Boleh Diucapkan dengan Lantang? Begini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah
Ustadz Khalid Basalamah jelaskan soal niat salat yang diucapkan dengan lantang. (Foto: celebrities.id/Okezone)

JAKARTA, celebrities.id - Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan tentang asal usul munculnya niat salat. Dia mengatakan, niat salat merupakan paham dari ajaran mazhab Imam Syafi’i.

Ustadz Khalid Basalamah menuturkan, pada zamannya, penganut mazhab tersebut meyakini bahwa niat salat sangat penting dilakukan agar tidak lupa dengan tujuaannya.

"Kalau kita kembali pada sifat salat Nabi Muhammad, maka belum pernah ada pengucapan lafadz, tidak ada satupun hadist Nabi Muhammad SAW yang berbunyi niat salat,” ujarnya, dikutip dari Kanal YouTube Ilmu Mekkah dan Madinah pada Sabtu, (4/12/2021).

“Ini dari teman-teman kita yang menisbatkan diri kepada mazhab Imam Syafi'i di Mesir tepatnya di Al-Azhar," kata Ustadz Khalid Basalamah lagi.

Dia menuturkan, pelafalan niat salat dalam mazhab tersebut wajib diucapkan dengan lisan hingga disusun menjadi niat.

“Mereka mengatakan harus upaya orang itu tidak lupa dan jelas diucapkan dengan lisannya. Lalu disusunlah niat itu untuk salat, puasa dan seterusnya,” katanya.

Lalu terdapat pendapat berbeda dari Jumhur Ulama Imam Ahmad dan Imam Malik yang meyakini tidak ada niat salat yang diucapkan. Ustadz Khalid Basalamah mengaku setuju dengan pendapat Imam Ahmad dan Imam Malik.

Pasalnya, Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengajarkan umatnya untuk melafalkan niat salat dengan lisan yang lantang.

"Jadi saya melihat pribadi apa yang ditulis para ulama ini kita kembali kepada Jumhur Ulama yang mengatakan tidak ada lafadz niat karena dalam pemahaman pun ini bukan dari Imam Syafi'i tapi dari pengikut yang datang jauh setelahnya," tuturnya.

Editor : Dhita Seftiawan