Niatkan Berbuat Baik Hanya karena Allah SWT, Jangan Ingin Dihormati Sesama Manusia

Abdul Razak
Sabtu 11 September 2021 05:05 WIB
Niatkan Berbuat Baik Hanya karena Allah SWT, Jangan Ingin Dihormati Sesama Manusia
Ustadz Abeey Ghifran dalam tausiah Cahaya Hati Indonesia. (Foto: celebrities.id/iNews)

JAKARTA, celebrities.id - Terkadang, sebagian dari kita suka berpikir apa yang dilakukan terhadap orang lain terlalu baik. Bahkan, saat disakiti, kita tetap bersikap baik dan tak mempermasalahkan kejadian di masa lalu.

Ustadz Abeey Ghifran mengatakan, apapun yang dilakukan, boleh jadi baik dalam pandangan Allah. Maka dari itu, sebagai seorang muslim, kita harus melakukan kebaikan karena Allah bukan karena orang lain.

"Apapun yang kita lakukan boleh jadi baik dalam pandangan Allah dan di titik situ, kita tidak perlu pandangan orang lain. Sehingga ketika melakukan kebaikan niatnya karena Allah, apapun balasan dari orang yang kita beri kebaikan bukan jadi ukuran untuk dia memutuskan dalam berbuat baik," ujar Ustadz Abeey Ghifran yang dikutip dari Official iNews, Sabtu (11/9/2021).

Selain itu, Ustadz Abeey Ghifran dalam tausiahnya mengatakan, kebaikan kita harus bisa menjadi contoh untuk orang lain. Maka dari itu, hormati orang lain sebagaimana kita ingin dihormati oleh siapa pun.

"Sehingga dalam konteks kebaikan ini, kita harus bisa menjadi contoh, orang lain itu akan baik sama kita tergantung contoh apa yang kita buat, jangan harap kita ingin dihormati orang kalau kita sendiri gak bisa menghormati orang," kata Ustadz Abeey Ghifran.

Sebagaimana yang Rasulullah katakan di dalam Alquran, kebaikan yang dibuat semasa hidup bukan buat orang lain, tapi kembali kepada diri sendiri.

"Oleh karenanya, Rasulullah ingatkan dalam Alquran, kebaikan yang kita buat bukan buat orang lain, tapi itu kembali kebaikan buat kita, sehingganya tanaman yang kita lakukan, tanaman yang kita pupuk, sebetulnya besok kita panen yang bagus tergantung apa yang kita tanam," ujar Ustadz Abeey Ghifran.

Editor : Dhita Seftiawan